PELATIHAN MANAJEMEN KEUANGAN DI PIMPINAN DAERAH ‘AISYIYAH JEMBER

Arik Susbiyani

Abstract


Kegiatan usaha didirikan dengan tujuan utama untuk mendapatkan laba (profit oriented). Anggota ‘Aisyiyah Kabupaten Jember merupakan kelompok pengajian yang memiliki usaha dan terdaftar dalam anggota majelis ekonomi dan ketenagakerjaan serta BUEKA. Usaha yang telah ditekuni termasuk dalam usaha yang beskala kecil dan menengah yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi usaha yang lebih mandiri dan memiliki ketanggahuna daya saing. Namun dalam menjalankan usahanya belum dapat mengelola usahanya secara baik demikian. Mereka belum memiliki catatan atas pengelolaan keuangan secara baik, artinya belum ada laporan keuangan yang memadai.  Hampir semua usaha yang dilakukan ibu-ibu ‘Aisyiyah terkesan apa adanya yang penting berjalan. Sehingga perlu untuk melaksanakan pengabdian dengan materi manajemen keuangan untuk UMKM. Metode atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam program pengabdian masyarakat ini adalah: a). sosialisai dan penyuluhan kerjasama, b). menyampaikan tahapan dalam manajemen keuangan (yang terdiri dari tahapan 1). Analisis rasio keuangan 2)  Komparasi analisis rasio.  Program pengabdian kepada masyarakat telah dilaksnakan pada hari Minggu tanggal 6 November 2016. Jumlah peserta sebesar 53 peserta dari Anggota ‘Aisyiyah Kabupaten Jember merupakan kelompok pengajian yang memiliki usaha dan terdaftar dalam anggota majelis ekonomi dan ketenagakerjaan serta BUEKA.

Kata Kunci: Pelatihan, Manajemen Keuangan,  UMKM

References


Amania, Ruzanna (2011) Evaluasi Tentang Sistem Pengendalian Intern pada Proses Pemberian Kredit Makro (Studi pada PT Bank Mandri (PERSERO) tbk Cabang Majapahit Semarang. Skripsi pada Fakultas Ekonom Universitas Diponegoro Semarang.

Al Haryon Jusuf. 2001. Dasar-dasar akuntansi Jilid 2. Yogyakarta. STIE YKPN Husnan, Suad 2002. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.

Horne, James C. Van dan John M. Wachowicz, Jr. 1998. Prinsip-prinsip Manajeman Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Rudiantoro, R dan Siregar, S. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia Volume 9 - No. 1. h 1-27.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 10. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v2i2.988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats