ANALISIS PILIH PILIH MAKAN PADA ANAK USIA 1 SAMPAI 3 TAHUN DI DESA SUCI KABUPATEN JEMBER

Zuhrotul Eka Yulis, Muhammad Ali Hamid

Abstract


 Masa usia toddler merupakan masa dimana emas dari tumbuh kembang anak. Anak mengalami tumbuh kembang yang cukup cepat pada masa itu. Pertumbuhan terjadi secara pada organ tubuh anak sedangkan sedangkan perkembangan terjadi secara kualitas. Perkembangan dan pertumbuhan anak tidak bisa lepas peranan gizi anak sebagai penunjang  energi. Sumber energi optimal anak diperoleh dari makanan yang beragam. Pada usia toddler (1 sampai 3 tahun ) masalah pilih pilih makan sangat banyak terjadi. Sebuah tinjauan pustaka menunjukkan bahwa 50% dari anak berusia 18-23 bulan diidentifikasi sebagai picky eater. Didapatkan prevalensi kesulitan makan sebesar 33,6% pada anak usia toddler. Sebagian besar 79,2% telah berlangsung lebih dari 3 bulan dan berlangsung lama sehingga sering dianggap biasa dan akibatnya dapat timbul komplikasi dan gangguan tumbuh kembang pada anak (Mascola et al 2010). Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui faktor dominan yang berpengaruh terhadap pilih pilih makan pada anak merupakan jenis penelitian survei yang bersifat obsevasional  analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh anak usia toddler yang berada pada 5 posyandu di desa Suci. kurang lebih 155  orang. Sample penelitian dipilih melalui teknik simple random sampling.Jumlah sampel 65 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Dimana dilakukan analisis statistik non parametric dengan menggunakan uji Regresi Logistik. Hasil penelitian diperoleh hasil Sebagian besar responden berusia sebagian besar responden  berada pada usia 2 samapi 3 tahun yaitu sebanyak  53 anak (81,5 %) serta sebagian besar responden berjenis kelamin laki laki  yaitu sebanyak 38 anak ( 58,5%). Data Khusus responden: 30  responden ( 46,2 %) mengalami pilih pilih makan. Faktor dominan  yang mempengaruhi pilih pilih makan pada penelitian ini adalah ASI Ekslusif dengan PR 1,6 dan Perilaku makan orang tua dengan PR 3,3.

Kata Kunci: Pilih-pilih makan, tumbuh kembang anak, kesulitan makan anak

References


Judarwanto (2005). Pengalaman Penatalaksanaan Kesulitan Makan pada Anak di Picky Eaters Clinic Jakarta.

Curruth B.R (2000 ) The Phenomenon of picky eater A behavioral marker in eating patterns of toddler. jurnal of the America College of nutrition 17 (2)

Cooke L (2007) The importence of exposure of healthy eating in chilhood A review . Journal of human nutrition dietetic (20)

Soendoro. (2008). Angka kejadian gizi buruk. Diperoleh tanggal 7 Oktober 2012. Http://www.Depkes.RI

Soetjiningsih. (2002). Tumbuh kembang anak dan remaja. Jakarta : Sagung Seto.

Sumaiyah, (2008). Hubungan antara pola pemberian nutrisi dan perubahan berat badan pada balita di posyandu, Desa Putat, Tanggulangin. Tanggulangin : Politeknik Kesehatan Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v2i2.987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats