Pemberdayaan Siswa dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Pertolongan Pertama Luka di SD Muhammadiyah Sapen

Fadli Robby Amsriza, Rizka Fakhriani

Abstract


Luka adalah terputusnya kontinuitas jaringan yang dapat terjadi akibat cedera, pembedahan, konsekuensi faktor ekstrinsik seperti tekanan atau gesekan, serta akibat kondisi penyakit lain. Pengetahuan dasar pertolongan pertama sangat diperlukan untuk meminimalkan dampak buruk dari cedera dan luka, seperti pada saat siswa di sekolah apabila mengalami cedera maka dapat segera melakukan pertolongan pertama. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk diseminasi informasi serta mengeksplor secara menyeluruh mengenai pengetahuan siswa di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan secara daring menggunakan mini webinar zoom meeting dengan media power point, video edukasi, dan leaflet. Metode penyuluhan ini temasuk dalam quasi experimental serta rancangan one group pre and posttest design. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Paired Samples T-Tes. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pre-test, pemaparan materi, sesi diskusi, dan diakhiri dengan post-test untuk mengetahui pengetahuan siswa mengenai pertolongan pertama pada luka. Kegiatan ini diikuti oleh 53 siswa. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan siswa sebelum dan setelah terselenggaranya pengabdian masyarakat, dengan hasil rata-rata pre-test 89,1 serta post-test 98,9 dan terdapat perbedaan signifikan p = 0.000020 (<0,05).

Keywords


siswa; pertolongan pertama; cedera; luka

References


Aminuddin, N. M., Kep, S., Sholichin, S., Kep, M., Kep, N. M., Sukmana, S., Kep, D., Nopriyanto, S., & Kep, N. (2020). Modul Perawatan Luka.

Bayraktar, N. (2009). Evaluating the Effectiveness of a First Aid Training Course on Drivers.

Elfiah, U. (2020). Perawatan luka di masa pandemi COVID-19. Universitas Jember.

Geetha, C. (2016). Knowledge on Selected First Aid Measures among School Children, Puducherry. Intenational Journal of Applied Research, 504–506.

Kalaiyarasan, G. (2015). International Journal of Multidisciplinary Approach and Studies A Study on First Aid Awareness among Higher Secondary School Students in Sivagangai District.

Kartika, R. W. (2015). Perawatan Luka Kronis dengan Modern Dressing. Wound Care/Diabetic Center, 42(7), 546–550.

Kemenkes RI. (2018). Laporan Riskesdas DIY 2018.

Meilin, A., Sidabutar, B., Patty, R. A., Simanjuntak, S., Kartika, L., Aiba, S., & Keperawatan, F. (2019). Gambaran Pengetahuan Perawat Tentang Perawatan Luka Modern Dressing di Satu Rumah Sakit Swasta di Indonesia Barat. Jurnal Keperawatan Raflesia, 1(2). https://doi.org/10.33088/jkr.vli2.415

Mulyadi, & Killing, M. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Akibat Kecelakaan Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Pertolongan Pertama Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 6 Manado. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 6(1), 1–7.

Naralia, T. W. (2015). Pengetahuan Perawat tentang Perawatan Luka dengan Metode Moist Wound Healing di RSUP H Adam Malik Medan.

Nurlaela, E., Mamluaty, A. N., Studi, P., Keperawatan, S., Muhammadiyah, U., & Pekalongan, P. (2020). Peningkatan Pengetahuan Mengenai Pertolongan Pertama pada Perdarahan Akibat Luka Cidera pada Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Bligo Kabupaten Pekalongan.

Sinaga, M., Tarigan, R., Fakultas Keperawatan, M., Utara, S., Departemen, S. P., Dasar, K., Keperawatan, D., Bedah, M., & Keperawatan, F. (2012). Penggunaan Bahan Pada Perawatan Luka DI RSUD dr. Djasamen Saragih Pematangsiantar.

Wei, Y.-L., Chen, L.-L., Li, T.-C., Ma, W.-F., Peng, N.-H., & Huang, L.-C. (2013). Self-efficacy of first aid for home accidents among parents with 0- to 4-year-old children at a metropolitan community health center in Taiwan. Accident Analysis & Prevention, 52, 182–187. https://doi.org/10.1016/j.aap.2012.12.002

Wintoko, R., & Yadika, A. D. N. (2020). Manajemen Terkini Perawatan Luka. JK Unila, 4(2), 183–189.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i2.8763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats