Masyarakat Penggerak Dalam Mengedukasi Sesama Terkait Isu Kesehatan Dan Lingkungan Di Masyarakat Sekitar Kampus

Luh Titi Handayani, Hendra Kurniawan, Akbar Maulana Ibrahim, Dimas Fatahillah, Yuninda Salva Shafani, Yurega Tri Adista

Abstract


Keberadaan Kampus Universitas Muhammadiyah Jember di Kelurahan Sumbersari memberikan banyak perubahan terhadap penduduknya. Aspek yang sangat terlihat adalah adanya perubahan keadaan ekonomi penduduk sekitar. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dalam membentuk masyarakat peduli sehat pasca pandemi yaitu terkait obesitas. Kegiatan pengadian masyarakat dilaksanakan di Masyarakat Sumebersari yang berada disekitar kampus Universitas Muhamamdiyah Jember. Populasi yang dilakukan pada 15 kepala keluarga. Kegiatan dilaksanakan diawali dengan identifikasi masalah, Focus group Discussion (FGD) kepada kelompok yang selanjutnya dilakukan kegaitan ceramah, demosntrasi dan pemeriksaan fisik penunjang. Hasil pelaksanaan pengabdian dalam bentuk jasa hingga terbentuk keluarga sadar obesitas sehingga mereka dapat melakukan perubahan pola hidup sehat dan antisipasi dampak dalam waktu lama terhadap dampak kesehatan. Hasil pelaksanaan FGD didapatkan kendala sebagai dampak perkembangan dari sektor lain seperti ekonomi dan perdagangan yang akan memberikan warna dalam pola konsumsi dan hidup sehat

Keywords


masyarakat penggerak; edukasi sesama

References


Iriyanto, S., & Noviani, A. H. (2016). Dampak Pembangunan Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Semarang Terhadap Masyarakat Sekitar. University Research Coloquium, 237–250.

Jember, L. U. M. (2021). Pengabdian internal edisi IV.

Kamaludin. (2017). Dampak Keberadaan Perguruan Tinggi Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat di Kelurahan Mande. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, IV, 139–158.

Nasution, R. D. (2017). Pengaruh Modernisasi dan Globalisasi terhadap Perubahan Sosial Budaya di Indonesia. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(1), 30–42.

Neliwati. (2017). Sikap Masyarakat Kampus. 1–194.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.8067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats