Membangun Kewirausahaan Generasi Muda melalui Pelatihan Pembuatan Sampo di Desa Bitungsari Bogor

Yakobus Suharyono, R. Koesmaryanto Oetomo, Petrus Dwi Ananto Pamungkas, Natalia Titiek Wiyani

Abstract


Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan telah membuat semakin kecilnya peluang bekerja di perusahaan, termasuk bagi para remaja di Desa Bitungsari Bogor. Selain itu, keterbatasan kompetensi dan keterampilan juga menjadi faktor utama para remaja Desa Bitungsari dalam bekerja di perusahaan. Karang Taruna Desa Bitungsari dibentuk dengan harapan mampu memberdayagunakan para remaja desa hingga menjadi generasi muda yang mandiri. Pelatihan pembuatan sampo merupakan kegiatan awal untuk memulai wirausaha bagi generasi muda di Desa Bitungsari. Metode pelatihan yang digunakan adalah praktik langsung dalam membuat sampo. Kepada para peserta pelatihan diberikan pengenalan wawasan mengenai bahan-bahan pembuatan sampo, cara pemanfaatan dan bagaimana menggunakannya. Selanjutnya melalui pendampingan intensif di dalam kelompok kecil, kepada peserta diajarkan bagaimana melakukan proses pembuatan sampo. Langkah pelatihan yang diberikan berikutnya berupa analisa hasil produk yang dihasilkan oleh peserta yang mencakup tekstur kekentalan dan aroma serta efektifitas penggunaan sampo tersebut. Selanjutnya, kepada peserta pelatihan diajarkan prinsip dasar kewirausahaan skala mikro. Hasil pelatihan ini adalah produk sampo dan kesiapan peserta untuk memulai wirausaha.

Keywords


kewirausahaan; pelatihan; pembuatan; remaja; sampo

References


Drucker, P. F. (1993). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. HarperBusiness.

Hisrich, R. D., & Peters M. P. (1995). Entrepreneurship. Irwin.

Kao, R. W. Y. (1995). Entrpreneurship: A Wealth Creation and Value Adding Process. Prentice Hall.

Kasmir. (2016). Kewirausahaan. PT RajaGrafindo Persada.

Pamungkas PDA. (2016). Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Kelurahan Bitungsari Bogor Menggunakan Kep/25/M.PAN/2/2004. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 1(1), 85–91.

Schumpeter, J. A. (2009). The Theory of Economic Development: An Inquiry into Profits, Capital, Credit, Interest, and the Business Cycle (1934). University of Illinois at Urbana-Champaign’s Academy for Entrepreneurial Leadership Histor-Ical Research Reference in Entrepreneurship. srrn: https://ssrn.com/ab-stract=1496199

Sukirman. (2010). Analisis Pengaruh Internal dan Eksternal terhadap Kinerja Usaha Kecil yang Dikelola Perempuan (dengan Pendekatan Balanced Scorecard). Jurnal Kinerja, Bisnis Dan Ekonomi, 14(3), 248–262.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.8027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats