Pembuatan Sistem Informasi TKA-TPA Al-Iman Bantul Yogyakarta

Asroni Asroni, Haris Setyawan, Arditya Nur Rokhim, Fidelia Farahi

Abstract


Dalam era modern saat ini, proses pembelajaran Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA) – Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al Iman masih berlangsung walaupun di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai. TKA-TPA Al-Iman dalam menjalankan aktivitasnya masih dilakukan dengan pola standar di mana keberadaan ustadz dan santri akan berinteraksi dengan santri. Pertemuan di masa pandemi ini dilakukan blended dengan langsung tatap muka dan penugasan kepada santri. Permasalahan yang dialami adalah manajemen TKA-TPA masih dilakukan dengan pola pencatatan manual baik untuk rekap capaian pembelajaran berupa kenaikan jilid Iqro, hafalan maupun dalam aktivitas membaca Al Quran. Pencatatan manual lain adalah pada beberapa proses di antaranya pembayaran iuran, pencatatan infak santri, transport untuk ustadz dan item pembayaran lainnya. Proses ini sangat tidak menarik di mana perkembangan teknologi informasi yang pesat seharusnya memudahkan kerja manajemen dan bisa melihat laporan rekap data yang cepat untuk mendukung keputusan dalam memajukan kegiatan TKA-TPA. Solusi yang ingin dicapai adalah adanya Sistem Informasi (SI) dalam melakukan manajemen untuk memudahkan proses akademik dan pencatatan transaksi keuangan demi majunya TKA-TPA sebagai pilar dasar pendidikan generasi Qurani. Dengan adanya SI TKA-TPA akan meningkatkan manajemen dan ikut berkontribusi dalam pengelolaan TKA-TPA, sehingga akan mampu memperbaiki bekal generasi yang lebih cerdas baik dalam agama dan akhlak budi pekerti.


Keywords


tka-tpa al-iman; sistem informasi; Iqro; Quran

References


Adiba, R. T., Andreswari, R., & Alam, E. N. (2020). Perancangan Aplikasi Startup Maiproyek Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel Dengan Metode Iterative Incremental Untuk Meningkatkan Penelitian Mahasiswa. EProceedings of Engineering, 7(2).

Am, D. K., Febriansyah, F. E., Prabowo, R., & Sakethi, D. (2019). Sistem Informasi Pemberkasan Perkuliahan Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Komputasi, 7(1). https://doi.org/10.23960/komputasi.v7i1.2015

Avianty, D. N., Jatmika, A. H., & Ulum, L. M. (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET PADA BPKAD PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK LARAVEL: Asset Management Information System in BPKAD Province of West Nusa Tenggara Based on Laravel Framework. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 1(1). https://doi.org/10.29303/jbegati.v1i1.155

Batish, R. (2018). Voicebot and Chatbot Design: Flexible Conversational Interfaces with Amazon Alexa, Google Home, and Facebook Messenger. Packt Publishing Ltd.

Developers, A. (2011). What is android. Android Developers, http://developer. android. com/guide/basics/what-is-android. html, accessed May.

Dhika, H., Isnain, N., & Tofan, M. (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(2), 104–110.

Febriani, A., Yanti, W. L., & Fonda, H. (2020). SISTEM INFORMASI ALUMNI SMP N 1 DAYUN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DI KAB. SIAK. JURNAL ILMU KOMPUTER, 1, 6.

Kang, H. J., & Kim, S. I. (2017). Evaluation on the Usability of Chatbot Intelligent Messenger Mobile Services-Focusing on Google (Allo) and Facebook (M messenger). Journal of the Korea Convergence Society, 8(9), 271–276.

Soegoto, E., & Jayaswara, M. (2018). Web and Android Programming Course Information System. 407(1), 012063.

Sonatha, Y. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Taman Pendidikan Al Qur’an Menggunakan Framework Java Spring. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 7(1), 81–90. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i1.184

Wahyono, T. (2013). Practice Guide PHP On Windows. Elex Media Komputindo.

Yuliono, A., Sofiana, M. S. J., Kushadiwijayanto, A. A., Nurrahman, Y. A., & Aritonang, A. B. (2021). Sosialisasi Konsumsi Hasil Laut sebagai Pangan Fungsional dalam Usaha Peningkatan Sistem Imunitas Tubuh selama Masa Pandemi Covid-19 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. 11.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.8002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats