Pelatihan Akuntansi Perusahaan Dagang Dan Perusahaan Jasa Bagi Siswa SMK

Deni Darmawati, Nadia Putri, Erliana Banjarnahor, Yulia Eka Riyanti, Abdul Khaliq Brutu, Karina Echilia, Rufita Ulinvia

Abstract


Upaya untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan siswa menengah khususnya Siswa Menengah Kejuruan (SMK) sangat diperlukan, mengingat berbagai data menunjukkan tingginya pengangguran dari lulusan SMK. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan yang tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan khususnya di kalangan siswa SMK perlu mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini merupakan bagian dari kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi siswa SMK Triguna 1956 Jakarta. Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan Pelatihan Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang yang sangat dibutuhkan oleh para siswa yang nantinya memiliki minat untuk menjadi seorang wirausahawan. Seorang wirausahawan perlu memiliki kompetensi dalam pengelolaan keuangan sehingga pelatihan kewirausahaan perlu dilengkapi dengan pelatihan akuntansi.  Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Program Studi Diploma III Akuntansi Sektor Publik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti dengan SMK Triguna 1956 Jakarta. Peserta pelatihan adalah siswa kelas XI sebanyak 26 (dua puluh enam). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa SMK Triguna 1956 Jakarta merasa puas dan mendapatkan manfaat dari pelatihan yang telah dilaksanakan. Pengetahuan peserta terkait akuntansi perusahaan jasa dan dagang mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan. Hal ini tercermin dari peningkatan tren nilai yang semula pada pretes sebesar 55,96 meningkat menjadi sebesar 81,31 pada saat postes di pertemuan terakhir


Keywords


Kewirausahaan; Akuntansi; Perusahaan Dagang; Perusahaan Jasa

References


Darmawati, D., Dizar, S., dan Harahap. (2020). Peningkatan Efektivitas Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Bagi Himpunan Pengusaha Laundry Indonesia (HIPLI). Jurnal Berdaya Mandiri, 2(2): 266-275.

Diatmika, I. P. G., Yuniarta, G. A., dan Yudantara, I. G. A. P. (2017). Pelatihan Kewirausahaan Implementasi Sistem Akuntansi dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan UMKM. Eproceeding Undiksha, 421-432.

Maryanti, N. (2019). Siswa SMK Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0 (Kajian Praktis Smk Di Provinsi Sumatera Selatan). Tesis.

Rasto. (2015). Urgensi Pendidikan Kejuruan. (online). Tersedia: http://rasto.staf.upi.edu/2015/08/11/urgensi-pendidikan-kejuruan/. Diakses pada 15 Juli 2021.

Setyorini, D., Sukirno., Dewanti, P. W., Novitasari, B. T., Siregar, M. N. N., dan Purnama, D. N. (2020). Peningkatan Kapasitas UMKM Melalui Penyusunan Business Plan. Prosiding SEMNAS PPM 2020.

Surat Edaran Nomor 01 Tahun 2020 Tentang Pembelajaran Praktik dan Praktik Kerja Lapangan Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2019/2020 serta Pelaksanaan Uji Kompetensi Bagi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, A. (2017). Dampak Pendidikan Kewirausahaan bagi Mahasiswa. Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 1(1): 1-14.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.7102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats