Sosialisasi Etika dan Penggunaan Youtube bagi Siswa SMK GIKI 1 Surabaya

Shofiya Syidada, Nia Saurina, Firman Hadi Sukma Pratama, Anang Kukuh Adisusilo, Emmy Wahyuningtyas, Lestari Retnawati

Abstract


Teknologi berperan sangat penting dalam kehidupan masyarakat saat ini dan dapat digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Di bidang Pendidikan, YouTube mempunyai potensi yang besar untuk dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah untuk mensosialisasikan etika dan pemanfaatan youtube bagi siswa SMK GIKI 1 Surabaya. Pemahaman etika, di media sosial seperti YouTube sangat penting, sebagai bekal bagi siswa untuk menyaring konten negatif di YouTube. Sedangkan sebagai content creator, pemahaman etis ini merupakan tiket dalam menjaga eksistensi akun dan sebagai landasan dalam menciptakan channel yang terpercaya. Metode pelaksanaan PkM adalah pembelajaran masyarakat. Tahap pertama persiapan kunjungan sekolah, tahap pelaksanaan dimulai dengan pre-test, dilanjutkan dengan sosialisasi etika dalam menggunakan Youtube dan pelatihan optimalisasi penggunaan youtube dan tahap terakhir evaluasi dan laporan. Hasil dari PkM adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang etika dalam menggunakan Youtube serta meningkatkan ketrampilan optimalisasi kanal Youtube untuk berbagi konten positif. Siswa sebagai pengguna YouTube dapat memanfaatkan YouTube dengan lebih baik lagi, baik sebagai media pembelajaran maupun media sosial dalam menyebarkan ide dan karya kreatifnya.


Keywords


Content creator; Etika; Media sosial; Video sharing; YouTube

References


Amalia, T. W., & Satvikadewi, A. A. I. P. (2020). Personal Branding Content Creator Arif Muhammad ( Analisis Visual pada Akun Youtube @ Arif Muhammad ). Jurnal Representamen, 6(01).

Andrey Wibowo, F. (2019). Analisis Personal Branding Youtuber Gim : ( Studi Fenomenologi. Prologia, 3(1), 31–38.

Azizah, H. (2020). Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumberpenghasilan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Youtuber Kota Metro) (Buku Skrip). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. e-journal “Acta Diurna,” VI(1).

Makmun, M. N. Z., Mahmudah, M., & Mushodiq, M. A. (2019). Internalisasi Etika Bermedia Sosial Nahdlatul Ulama Dalam Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(1), 55–70.

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135–159.

Nafian, I., Suryadi, K., & Syam, S. (2017). Kesenjangan Konten Video Sebagai Faktor Youtube Dalam Segmentasi Jenjang Pendidikan. Sosietas, 7(2), 376–380.

Ramadhan, G. P., Susanto, E. H., & Aulia, S. (2018). Analisis YouTube TVRI Dalam Meningkatkan Jumlah Penonton. 120–127.

Rifhano, R. A., & Abdurahman, M. S. (2018). Pengaruh Intensitas Mengakses Youtube Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University. Dialektika, 5(2).

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. 2(4), 313–323.

Widika, T. (2013). Sejarah Berdirinya Youtube _ Sejarah Dunia. Diambil dari https://canacantya.wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya-Youtube

Youtube. (n.d.). Kebijakan dan Keamanan. Diambil dari https://www.youtube.com/intl/id/about/policies/#community-guidelines

Yudhistira, A. W. (2019). Youtube, Medsos No. 1 di Indonesia. Diambil dari https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5e9a55212afab/youtube-medsos-no-1-di-indonesia




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i2.6539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats