Pengenalan Kosakata Bahasa Jepang Melalui Video Cerita Anak Di Tk Aba Mergan

Azizia Freda Savana, Wistri Meisa, Arda Putri Winata

Abstract


TK ABA Mergan berada di Sumberagung Kecamatan Moyudan, Sleman dengan jumlah siswa TK A dan TK B sebanyak 16 anak. Berdasarkan kompetensi pembelajaran, kami menawarkan memberikan pengetahuan kepada anak-anak TK ABA Mergan untuk mempelajari bahasa asing. Mempelajari bahasa asing diperlukan untuk pembekalan pengetahuan anak khususnya di Yogyakarta sebagai kota wisata. Bahasa asing tidak hanya bahasa Inggris saja, tetapi bahasa asing lainnya pun penting untuk dipelajari saat ini termasuk bahasa Jepang. Banyak cerita animasi yang dibuat oleh Jepang, yaitu Doraemon, Ultramen, dan lain sebagainya yang dapat dilihat di youtube dan televisi. Lagu-lagunya pun tidak asing dan bahkan anak anak TK yang sering menontonnya hafal dengan lagu-lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang. TK ABA Mergan membuka kesempatan untuk mengajarkan sejak dini kosakata bahasa Jepang sederhana agar anak-anak mengenal bahasa Jepang sejak dini dan dapat menjadi materi penyegaran bagi anak-anak ditengah pandemi Covid-19. Untuk mengajarkan kosakata bahasa Jepang di usia 4-5 tahun, tidaklah mudah karena merupakan hal yang baru. Pengajar harus melakukan inovasi dan menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, tim membuat video cerita untuk mengajarkan kosakata bahasa Jepang tersebut. Video akan dibuat dalam bahasa Indonesia dan mengenalkan kosakata bahasa Jepang didalamnya, yaitu hewan atau binatang dan tanaman. Tidak hanya berbentuk video, kosakata tersebut juga dibuat versi kartu flash. Hasil dari pembelajaran ini adalah guru dan anak-anak TK ABA Mergan, Moyudan menguasai kosakata bahasa Jepang yaitu nama hewan dan nama tanaman yang terdapat dalam video cerita.


Keywords


TK ABA Mergan; Video Cerita; Kosakata Bahasa Jepang

References


Arfiandhani, P., & Lestari, I. W. (2020). Pelatihan Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Jurnalistik Di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional …, 1155–1161. https://doi.org/10.18196/ppm.35.103

Ismail, E. (2019). Seabad TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Republika. Retrieved from https://www.republika.co.id/berita/pwj361453/seabad-tk-aisyiyah-bustanul-athfal-berkhidmat-untuk-negeri

NHK For School. (n.d.). Japan. Retrieved from https://www.nhk.or.jp/school/doutoku/ganko/

Nugraha, J. (2020). 6 Jenis Media Pembelajaran Beserta Contoh dan manfaatnya. Merdeka.Com. Retrieved from https://www.merdeka.com/jateng/6-jenis-media-pembelajaran-beserta-contoh-dan-manfaatnya-kln.html

Panjaitan, H. (2013). Peranan ’Aisyiyah dalam pendidikan Islam di Kota Medan. 1–115. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/1808/1/TESIS HENDRIPAL PANJAITAN.pdf

Ritonga, D. (2011). M. Athoullah Ahmad,. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 95–108.

Rohayati, E. (2018). Metode Pengembangan Keterampilan Bercerita Yang Berkarakter Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.17509/cd.v3i1.10320




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.6394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats