Pelatihan Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Optimalisasi Promosi Sanggar Tari Godho Blambangan Banyuwangi

Indira Nuansa Ratri, Arum Andary Ratri

Abstract


Sanggar Tari Godho Blambangan, Kabupaten Banyuwangi mulai berdiri sejak tahun 2014 dan mulai dikembangkan sebagai salah satu sanggar yang menunjang pergerakan industri kreatif di Kabupaten Banyuwangi. Sanggar Tari Godho Blambangan terus memberikan pengembangan serta inovasi baru dengan segala kelebihan serta kreatifitasnya untuk mempertahankan dan juga meningkatkan budaya lokal Kabupaten Banyuwangi. Namun, pengembangan Sanggar Tari Godho Blambangan masih memiliki keterbatasan pada aspek promosi, hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan anggota Sanggar Tari Godho Blambangan untuk mengelola dan melakukan promosi secara intens. Oleh karena hal tersebut, informasi yang dimiliki oleh para calon penyewa jasa ataupun calon anggota baru yang ingin bergabung masih sedikit. Tujuan PKM ini adalah (1) mengedukasi pentingnya promosi di platform media sosial (2) memberikan penyuluhan tentang materi (konten) promosi. Metode kegiatan PKM yang diterapkan adalah (1) penyuluhan dan diskusi; (2) pelatihan dan pendampingan; dan (3) evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa edukasi yang diberikan terkait penggunaan media sosial memberikan perubahan sikap dan pengetahuan khalayak sasaran (kelompok mitra) terhadap pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi industri kreatif Sanggar Tari Godho Blambangan dari kurang menjadi cukup banyak mengetahui. Bagi khalayak juga meningkatkan engagement dan juga brand awareness pada keberadaan Sanggar Tari Godho Blambangan.


Keywords


pelatihan media sosial; promosi; industri kreatif; sanggar tari

References


Akhter, S., Rizwan, M., Shujaat, S., & Durrani, Z. (2014). The impact of retail shoes sales promotional activities on ladies’ purchase intentions. Journal of Public Administration and Governance, 4(2), 166-178.

Cravens, D.W. 2013. Strategic 10th marketing ed. 658.802 C898. 2013.

Ebeid, A. Y. (2014). Distribution intensity, advertising, monetary promotion, and customer-based brand equity: An applied study in Egypt. International Journal of Marketing Studies, 6(4), 113.

Cahyono, F. D. Pergeseran budaya tari adat jaranan buto ke arah konsumsi ekonomi pariwisata pada tahun 1998 sampai 2015 di kecamatan cluring kabupaten banyuwangi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.5594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats