Peningkatan Kapasitas Pelayanan Publik di Kantor Kapanewon Kalasan Melalui Pengembangan Media Digital

Ilham Aziz Rosadi, Ferri Wicaksono

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlokasi di Kantor Kapanewon Kalasan dengan topik peningkatan kapasitas pelayanan publik di Kantor Kapanewon Kalasan melalui pengembangan media digital. Kemudian permasalahan mitra yakni kepuasan publik pada bagian front-liner dinilai belum terlalu baik dan masih sedikit pemanfaatan media digital dalam pelayanan umum. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode Rapid Rural Appraisal (RRA), dimana metode tersebut penulis memfokuskan pada tiga aspek yakni 1) enabling, dilihat dari potensi aparatur yang mampu mengoperasikan kritik dan saran digital, 2) empowering, dilihat dari meningkatnya kapasitas layanan kritik dan saran dari konvensional menjadi elektronik, 3) protecting, dilihat dari manajemen kearsipan kritik dan saran yang masuk menjadi lebih aman dan tertata. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan mitra, penulis menjalankan dua program utama yakni fasilitasi pemanfaatan media digital dalam penanganan kritik dan saran masyarakat menggunakan scan QR-Code serta rekapitulasi pengelolaan data kritik dan saran secara otomatis. Dari program tersebut, menghasilkan beberapa produk digital pelayanan publik guna optimalisasi pelayanan publik di Kapanewon Kalasan, diantaranya: keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat sangat didukung dengan respon positif dari pemimpin organisasi dalam hal ini Panewu (Camat) dan keterlibatan aktif dari aparatur kapanewon terkait.

Keywords


pelayanan publik; media digital; pengabdian masyarakat

References


Arjita, U. A. (2020). Pelayanan Publik Digital. Pusdiklat.Bps.Go.Id, 1–121. https://pusdiklat.bps.go.id/diklat/bahan_diklat/BT_Pelayanan Publik Digital_Utama Andri Arjita S.T., M.T._2170.pdf

DIY, P. P. (2018). Peraturan Daerah Istimewa Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Kelembagaan Pemerintah Daerah DIY. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–27.

Fadma Yulianti, R. W. (2018). JEMG ; JURNAL EcoMent Global. 3, 139–166.

Ilmu Ternak. (2015). Metode Pemberdayaan Masyarakat ( RRA DAN PRA ). https://www.ilmuternak.com/2015/02/metode-pemberdayaan-masyarakat-rra-pra.html

LSPS. (n.d.). Pemberdayaan. Kemensos. https://bppps.kemensos.go.id/

Mardiana, T., Warsiki, A. Y. N., & Heriningsih, S. (2020). Menciptakan Peluang Usaha Ecoprint Berbasis Potensi Desa dengan Metode RRA dan PRA. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0,” 1(2), 282–288. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/issue/view/103

Nuriyanto, N. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Undang-Undang RI, 2009(75), 31–47.

Soedarwo, V. S. D., Zuriah, N., Yuliati, R., & Suwignyo. (2017). Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan nonformal berbasis potensi lokal dalam membangun desa wisata adat. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 2(2), 96–102.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.5502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats