Pemberdayaan Ekonomi Pengrajin Batik Eco Print Yang Berdaya Saing Dimasa New Normal Covid 19

Trias Setyowati, Fefi Nurdiana Wijayanti

Abstract


Pengabdian masyarakat  dengan judul “Pemberdayaan Pengrajin Batik Ecoprint Yang Berdaya Saing Dimasa New Normal covid19 ” adalah bertujuan  untuk mengatasi masalah yang dihadapi UKM pengrajin Batik Ecoprint di Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember yaitu (1) Kurangnya alat produksi dan permodalan untuk membeli bahan baku kain untuk memenuhi permintaan pasar yang mulai meningkat (2) Sistem pemasaran yang masih konvensional dan belum memanfaatkan e commerce dan media sosial  (3). Metode pelaksanaan tahapannya adalah : (a) Sosialisasi program pengabdian masyarakat; (b) Persiapan prakondisi sosial, yakni penguatan pengrajin Batik Ecoprint (c) Pelaksanaan program dengan memberikan alat-alat produksi berupa steamer langseng kapasitas besar, (d) penyuluhan tentang sistem pemasaran secara e-commerce dan pemasaran yang memanfaatkan media sosial facebook dan instagram; (e) Pemantauan, evaluasi dan pelaporan. Hasil Kegiatan : yaitu dengan memberikan bantuan berupa alat produksi steamer langsengdengan  kapasitas 20 peace untuk setiap kali produksi dan bahan kain untuk pembuatan batik Ecoprint, (2) melakukan kegiatan pelatihan kepada pemilik dan karyawan UMKM Yuniar Batik tentang sistem pemasaran berbasis tehnologi informasi, melalui pemanfaatan media online di Face book, youtube  dan instagram, sehingga daya jangkau penjualan menjadi lebih luas. pelatihan  perbaikan  mutu produk yang lebih menarik dan marketable, seperti dengan membuat baju, masker dan tas yang memiliki daya saing dengan batik cap bahkan batik tulis. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah penting sekali untuk terus meningkatkan kemampuan dalam memasarkan produk melalui promosi di media sosial seperti facebook, instagram dan facebook dan juga peningkatan keterampilan dari pemilik UKM Yuniar Batik sehingga Eco print akan menjadi produk yang memiliki daya saing dan makin beragam, yang semula batik eco print ini dibuat hanya untuk hijab, saat ini semakin dikembangkan menjadi tas dan masker, Saran dari tim pelaksana pengabdian adalah kegiatan semacam  ini harus dilakukan secara terus menerus dalam bentuk pembinaan dan pendampingan agar produk yang dihasilkan semakin baik dan jumlah penjualan semakin meningkat sehingga berdampak terhadap peningkatan pendapatan pemilik UMK Yuniar Batik.


Keywords


pemberdayaan Ekonomi, eco print batik, berdaya saing

Full Text:

PDF

References


Ahda, M., Perwitasari, D. A., Faridah, I. N., Yuni, E., & Jannah, N. (2019). Pemahaman pembatik terhadap bahaya bahan kimia dan pewarna di area pembatik Gunungkidul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, September, 437–442.

Alamsyah, A. (2018). Kerajinan Batik dan Pewarnaan Alami. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 1(2), 136. https://doi.org/10.14710/endogami.1.2.136-148

Kumalasari, Y. (2014). Pembinaan Dan Pemberdayaan Pengrajin Batik (Studi Di Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan Dan ESDM Kabupaten Sidoarjo Dan Industri Kecil Kampoeng Batik Jetis Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(1), 66–70.

Noviyanti, R. (2017). Peran Ekonomi Kreatif Terhadap Pengembangan Jiwa Entrepreneurship di Lingkungan Pesantren: Studi Kasus di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 1(1), 77–99.

Prabawa, E. S., Supandi, & Sulistiyanto. (2020). Pemberdayaan Kerajianan Batik dalam Mewujudkan Kemakmuran Ekonomi Masyarakat Mendukung Pertahanan Negara di Provinsi Jambi. Jurnal Ekonomi Pertahanan, 6(1), 19–32.

Sukarta, I. N., & Sastrawidana, I. D. K. (2014). The Use of Agricultural Waste to Increase the Production Ligninolytic Enzyme by Fungus Polyporus sp. OALib, 01(03), 1–7. https://doi.org/10.4236/oalib.1100642

https://mediacenter.slemankab.go.id/batik-ecoprint-kontemporer-unik-dan-ramah- lingkungan/ Media Center 2019. Ba

Ecoprint: Kontemporer, Unik dan Ramah Lingkungan

https://www.bahankain.com/2021/02/23/cara-membuat-batik-eco-print, Bahankain, 2021, Cara Membuat Batik Eco Print

https://www.jawapos.com/features/04/09/2020/didik-edy-susilo-kembangkan-ecoprint-jadi-produk-unggulan, Jawa Pos.com, 2020, Didik Edy Susilo Kembangkan Ecoprint Jadi Produk Unggulan /




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats