Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19

Santi Rahma Dewi, Sriyono Sriyono, Sumartik Sumartik

Abstract


Desa Kenongo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo, merupakan salah satu desa di wilayah Sidoarjo yang memiliki banyak anggota UMKM. Dari hasil pemetaan awal jumlah UMKM di Desa Kenongo adalah 210 dengan berbagai macam jenis usaha. Jenis usaha yang ada adalah konveksi, batik, souvenir, makanan dan minuman, serta berbagai macam kerajinan tangan lainnya. Dengan jumlah UMKM yang cukup banyak ini, masih sangat sedikit yang mempunyai legalitas usaha serta kemampuan untuk membranding usahanya.Tujuan pendampingan ini adalah mewujudkan UMKM yang memiliki kualitas bagus dan dapat bersaing serta bertahan di masa pandemi dengan cara 1) Branding produk melalui media sosial serta memberikan keahlian agar dapat membuat sendiri media pemasaran. Selanjutnya yang 2) Legalitas usaha bagi UMKM agar lebih berkualitas dan terpercaya.Hasil pendampingan ini adalah meningkatnya nilai penjualan meskipun belum sama seperti sebelum pandemi, dan meningkatnya kesadaran pemilik UMKM untuk legalitas usahanya. Pendampingan ini juga membentuk kelompok UMKM dengan struktur baru yang lebih terorganisir untuk membantu pelaku UMKM dalam pengembangan usahanya. Pendampingan 

Keywords


branding produk, legalitas, pandemi

Full Text:

PDF

References


https://republikjatim.com/baca/bhs-umkm-sidoarjo-butuh-pendampingan-pemerintah-jangan-persulit-perizinannya

https://media.neliti.com/media/publications/171737-ID-pemberdayaan-usaha-mikro-kecil-dan-menen.pdf




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats
slot gacor slot