Penyederhaaan Rantai Distribusi Pemasaran Ubi Kayu Melalui Ekosistem TIK di Desa Tirtoyudo Malang

Aminudin Aminudin, Eko Budi Cahyono, Luqman Hakim

Abstract


Permasalahan yang terjadi di Desa Tirtoyudo yang mayoritas penduduknya bertani adalah penduduk menjual ubi kayu dalam bentuk basah ke tengkulak atau pengepul dengan harga yang rendah. Tengkulak di desa Tirtoyudo memegang pemain tunggal yang menguasai pangsa pasar tanpa ada pesaing di dalam pembelian ubi kayu di desa tersebut. Sehingga permasalahan harga yang menentukan dari pihak tengkulak. hal inilah yang merisaukan para petani ubi kayu di daerah Tirtoyudo karena terkadang harga ubi yang yang dibeli oleh tengkulak tidak sebanding lurus dengan hasil jeri payah petani. Tujuan utama pengabdian ialah menyederhanakan rantai distribusi dari produsen ke konsumen dengan memanfaatkan lingkungan TIK. Dengan strategi seperti ini diharapkan mahalnya biaya distribusi dapat tereduksi sehingga barang yang dibeli oleh konsumen jadi lebih terjangkau. Pada pengabdian ini juga akan menggandeng beberapa mitra yang terkait diantaranya kelompok tani desa Tirtoyudo dan beberapa usaha yang bergerak menggunakan bahan baku ubi kayu.


Keywords


lingkungan TIK; ubi kayu; rantai distribusi

Full Text:

PDF

References


Anandhita, V. H., & Dwiardi, A. R. (2018). Peran Teknologi Informasi dalam Menunjang Proses Logistik bagi Penyelenggara Pos di Era Digital (Kasus di Batam, Semarang, Jakarta, dan Mataram). Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika. https://doi.org/10.17933/jppi.2018.080106

Anwar, S. (2011). MANAJEMEN RANTAI PASOKAN (SUPPLY CHAIN MANAGEMENT) : KONSEP DAN HAKIKAT. Jurnal Dinamika Informatika.

Cahyono, E. B., Susanto, A., Juanda, A., & Wahyudi, W. (2016). PENGEMBANGAN JARINGAN BISNIS SOSIAL BERBASIS KOMUNITAS PELAKU USAHA BERBAHAN BAKU UBI KAYU. Simposium Nasional RAPI XV – 2016 FT UMSFT UMS, 66, 15–24. https://doi.org/10.2467/mripapers.66.15

Hijri, Y. S., Kurniawan, W., & Hilman, Y. A. (2020). Praktik Penyusunan Peraturan Desa (Perdes) sebagai Penguatan Desa Tangguh Bencana di Kabupaten Malang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.131

Mulyandari, R. S. H. (2011). Perilaku Petani Sayuran Dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi. Jurnal Perpustakaan Pertanian.

Pane, E. S. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) untuk mereduksi biaya logistik pada transportasi multimoda. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi.

Sahab, Maulidah, & Rizqiyatul. (2018). Ekonomi Digital dan Pengentasan Kemiskinan Petani Kopi (Studi Kasus Pada Kelompok Petani Kopi di Kecamatan Ampelgading, Sumbermanjing, Tirtoyudo, dan Dampit. Jurnal Lorong.

Suryantini, H. (2004). PEMANFAATAN INFORMASI TEKNOLOGI PERTANIAN OLEH PENYULUH PERTANIAN : Kasus di Kabupaten Bogor , Jawa Barat. Jurnal Perpustakaan Pertanian.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i2.4935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats