Penerapan Instalasi Cerobong Asap Pada Proses Pembuatan Arang Dengan Tungku Batu Bata

Wiwik Suharso, Agung Nilogiri

Abstract


Proses pembuatan arang di Desa Taman, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso menggunakan metode tungku batu bata (flat-kiln). Kekurangan metode tradisional tersebut adalah menimbulkan banyak asap pembakaran yang secara langsung mencemari udara dan mengganggu kesehatan pekerja dan masyarakat di sekitar tungku. Asap pembakaran kayu setidaknya mengandung 4 zat yang berbahaya bagi kesehatan yaitu karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), nitrogen dioksida (NO2) dan ozon permukaan (O3). Pemilik usaha seringkali mendapatkan keluhan dari masyarakat sehingga berganti-ganti lokasi usaha untuk mencari lokasi tungku yang jauh dari masyarakat. Kondisi ini juga dialami oleh Mitra Pengrajin Arang CV. 888 yang berlokasi di Desa Taman. Solusi yang diberikan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah penerapan instalasi cerobong asap pada proses pembuatan arang dengan tungku batu bata agar asap pengarangan dapat disalurkan melalui cerobong asap yang tinggi. Solusi ini tidak mengurangi asap, tetapi mengurangi dampak langsung asap terhadap pekerja dan masyarakat di sekitar lokasi tungku. Luaran kegiatan berupa artikel dalam Jurnal Pengabdian IPTEKS, Universitas Muhammadiyah Jember yang terakreditasi Sinta 5, dan perbaikan tata nilai kesehatan masyarakat. Kegiatan PKM Stimulus ini melaksanakan 2 kegiatan utama yaitu pembuatan instalasi cerobong asap, dan program pendampingan produksi arang dengan instalasi tungku batu bata yang dilengkapi cerobong asap.


Keywords


arang; cerobong asap; tungku batu bata

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2018, Kabupaten Bondowoso Dalam Angka, diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso.

Badan Pusat statistik, 2019, Kecamatan Taman Krocok Dalam Angka, diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kehutanan Kementerian Kehutanan Tahun 2000

Pari Et. Al, 2012. Teknologi Pembuatan Arang, Briket Arang dan Arang Aktif Serta Pemanfaatannya. Gelar Teknologi Tepat Guna Semarang, 2 Oktober 2012

Iskandar, H. dan Santosa, K.D., 2005, Panduan Singkat Cara Pembuatan Arang Kayu Alternatif pemanfaatan Limbah Kayu oleh Masyarakat. Center for International Foresty Research.

World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2016, Lindungi Diri Dari Bencana Kabut Asap, Buku Penanggulangan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i2.4930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats