Pengembangan Keahlian Manajerial Para Pelaku Usaha UMKM melalui Pelatihan Pemasaran Digital

Susanti Saragih, Sienly Veronica, Meily Margaretha, Henky Lisan, Asni Harianti, Sherlywati Sherlywati, Tatik Budiningsih, Herlina Herlina, Sri Zaniarti

Abstract


Kebutuhan pelaku UMKM akan pengetahuan dan keahlian teknis dalam menggunakan pemasaran digital semakin meningkat karena pandemi Covid-19. Hal ini terjadi karena pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah mempengaruhi aktifitas bisnis. Oleh karena itu pemamfaatan pemasaran digital menjadi usaha untuk kelangsungan hidup dan perluasan UMKM di masa pandemi dan pasca pandemic Covid-19. Tetapi secara umum UMKM berhadapan dengan keterbatasan pengetahuan dan sumber daya daya dalam menggunakan pemasaran digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan masyarakat pelaku UMKM di kota Bandung akan pelatihan pemasaran digital. Pelatihan selama 2 hari ini diikuti oleh 140 orang pelaku UMKM di Bandung secara daring dan luring. Dengan menggunakan pendekatan service learning, peserta antusias bertanya dan berdiskusi atas permasalahan spesifik yang mereka hadapi. Kegiatan ini diharapkan dapat memperlengkapi keahlian manajerial para pelaku UMKM dalam menggunakan pemasaran digital.


Keywords


pemasaran digital, UMKM, pandemi Covid-19, keahlian manajerial

References


Astuti, N.C., dan Nasution, R.A. (2014). Technology Readiness and E-commerce Adoption among Entrepreneurs of SMEs in Bandung, Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business 16 (1): 69-88.

Barokah, S., Wulandari, O.A., Sari, M.T, dan Yuditama, I.F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing Melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat BSI 4 (1): 17-22

Nugroho, M.A., Susilo, A.Z., Fajar, M.A, dan Rahmawati, D. (2017). Exploratory Study of SMEs Technology Adoption Readiness Factors. Procedia Computer Science 124: 329–336.

Rauniar, R., Rawski, G., Yang, J., dan Johnson, B. (2017). Technology Acceptance Model (TAM) and social media usage: an empirical study on Facebook. Journal of Enterprise Information Management 27 (1): 6-30.

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati., Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat BSI 2 (1): 137-142




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.4903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats