Peningkatan Kapasitas Life Skill dan Konselor Sebaya Anak Panti Asuhan Yatim ‘Asyiyah Balongbendo

Ghozali Rusyid Affandi, Nurfi Laili, Fitria Nur Hasanah, Amaliyah Syabana, Rakhmat Auliya` Hidayat

Abstract


Panti asuhan merupakan lembaga kesejahteraan sosial yang bertanggung jawab memberikan layanan kesjehateraan sosial kepada anak terlantar baik dari segi pengasuhan, ekonomi maupun pendidikannya. Sehingga anak-anak di panti asuhan dapat merasakan haknya sebagai anak serta berkembang sesuai dengan kapasitas life skill (intelektual, emosional serta sosial) sebagai anak pada umumnya. Namun, fakta menunjukkan bahwa anak-anak dipanti asuhan Yatim Aisyiah Balongbendo memiliki permasalahan dalam mengembangkan life skill, dimana anak panti asuhan kurang memiliki kemampuan dalam meregulasi diri, seperti: tidak memiliki orientasi masa depan, daya saing yang kurang, monitoring diri yang kurang dan kurang memiliki kemampuan pengelolaan diri serta emosi. Selain itu, permasalahan yang terjadi juga karena kurangnya kemampuan penanganan bagi anak yang bermasalah di panti asuhan oleh kakak-kakak purna asuh. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan keterampilan penanganan anak seperti, kemampuan konseling saat anak mengalami masalah. Oleh karena itu, diperlukan penanganan dengan pendekatan psikologis yang mengarah pada peningkatan kapasitas life skill anak panti asuhan melalui kegiatan pelatihan regulasi diri. Yang kedua, agar penanganan anak bermasalah dapat ditangani secara memadahi oleh kakak purna asuh maka solusi yang ditawarkan adalah memberikan bekal kemampuan sebagai konselor sebaya serta mengadakan pojok konseling guna penanganan anak bermasalah di Panti Asuhan Aisyiyah Balongbendo.

Keywords


Life Skill, Pelatihan Regulasi Diri, Konselor Sebaya, Panti Asuhan

References


Affandi, G. R., & Hastjarjo, T. D. 2010. Pengaruh Tipe Penentuan Tujuan (Goal Setting) Terhadap Performansi Bahasa Inggris Siswa: Dengan Efikasi Diri Dan Kemampuan Awal Bahasa Inggris Sebagai Kovariabel. Junal Psikologi Tabularasa, 5(2), 277–288. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/181

Carr, R.A. 1981. Theory and practice of Peer Counseling. Ottawa: Canada Employment and Immigration Commission.

Iswahyudi, A., & Mahmudi, I. 2016. Pengaruh mengikuti orgamawa dan regulasi diri terhadap prokrastinasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di fakultas ilmu pendidikan ikip pgri madiun tahun akademik 2015/2016. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 41–56. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1016

Laili, N., Affandi, G. R., & Nastiti, D. 2020. The Effectiveness of Training " Success with ( BEST ) Effective Learning Focused and Relax " to Improve Self-Regulated Learning in Vocational High School Students. 2010, 31–35.

Maryam, E. W., & Affandi, G. R. 2019. Sense of Community dan Self-Regulated Learning sebagai Prediktor pada Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(2), 182–200. https://doi.org/10.33367/psi.v4i2.867

Ratnasari, D., & Hasanah, F. N. 2020. Student Learning Achievement through the Development of Flipbook-Based Electronic Textbooks : Prestasi Belajar Siswa Melalui Pengembangan Buku Ajar Elektronik Berbasis Flipbook. In M. T. Multazam (Ed.), Proceeding of The ICECRS: Educational and Psychological Conference in the 4.0 era (Vol. 8, pp. 1–5). Umsida Press. https://doi.org/10.21070/icecrs2020485

Wardani, Silvia Yula dan Rischa Pramudia Trisnani. 2015. Konseling Sebaya untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa. Psikopedagogia Vol. 4 No. 2, 87-92.

Zahriyah, A. 2014. Pola Pembinaan Panti Asuhan Aisyiyah Balong Bendo Sidoarjo Dalam Bidang Pendidikan Agama Islam. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 1–20. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/2144




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.4834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats