Inovasi Jamu Kebonagung Kemasan Serbuk Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Produk Dan Pendapatan Masyarakat Ditengah Wabah Covid-19

Dyajeng Puteri Woro Subagio

Abstract


Jamu Kebonagung merupakan minuman khas Kota Pasuruan, Jawa Timur yang terbuat dari berbagai macam rempah atau empon-empon berkhasiat guna meningkatkan imunitas tubuh terutama ditengah pandemi covid-19 saat ini. Namun selama ini jamu kebonagung masih diproduksi dalam bentuk sirup yang mana dianggap kurang praktis oleh beberapa konsumen dan wisatawan. Selain itu, kemasan dan pemasaran yang dilakukan juga kurang menarik. Pelaksanaan program abdimas ini menghasilkan inovasi jamu kebonagung instan serbuk yang dikemas apik sehingga dapat meningkatkan nilai dari produk jamu kebonagung menjadi lebih menarik. Selain itu penggunaan social media sebagai sarana pemasaran memungkinkan produk jamu kebonagung instan serbuk lebih dikenal dan diminati oleh konsumen pada lingkup yang lebih luas. Perlu adanya dorongan dan peran serta pemerintah dalam pengembangan inovasi ini agar kedepannya menjadi produk unggulan Kota Pasuruan.


Keywords


Jamu Kebonagung Powder; Variant Innovation; Packaging; Marketing.

References


Subagio, D. P. W., & Rachmawati, D. L. (2020). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi ( Studi Pada Viewer Food Vlogger of YouTube Channel ). 1–11.

Widowati, S., Nurjanah, R., & Amrinola, W. (2010). Proses Pembuatan dan Karakterisasi Nasi Sorgum Instan. Pekan Serealia Nasional, 978–979.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.4391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats