Pendampingan Perancangan Pembelajaran Inovatif untuk Menghadapi Tuntutan Abad 21 Bagi Guru-Guru Matematika SMP Kabupaten Nganjuk

Endah Budi Rahaju, Abdul Haris Rosyidi, Siti Khabibah, Ika Kurniasari, Ahmad Wachidul Kohar

Abstract


Saat ini guru matematika didorong untuk dapat merancang pembelajaran yang diarahkan pada pencapaian tujuan pembelajaran matematika dan menjawab tantangan kecakapan abad 21, yaitu kemampuan berpikir logis, kritis, analitis, kreatif, cermat, teliti, serta mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan program pelatihan guru yang dapat mendorong guru untuk mendesain pembelajaran yang sesuai dengan tantangan tersebut, seperti dengan model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Program pelatihan yang dirancang dalam PKM berfokus pada tujuan utama yaitu merancang pembelajaran berbasis proyek pada materi SMP. Mitra yang dipilih adalah guru-guru SMP yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Nganjuk sebanyak 52 guru, yang mana peserta diminta untuk membuat rancangan pembelajaran matematika inovatif berbasis projek. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan mendapat respon positif dari peserta berdasarkan hasil angket yang diberikan dan membuka peluang guru untuk menghasilkan rancangan pembelajaran sesuai dengan yang ditugaskan

Keywords


pembelajaran inovatif; pembelajaran berbasis projek; guru matematika; Nganjuk; abad 21

References


As’ari, Abdur Rahman dkk. 2019. Ragam Soal Matematis Untuk Mengembangkan Disposisi Berpikir Kritis. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Diffily, D. (2002). Project-based learning: Meeting social studies standards and the needs of gifted learners. Gifted Child Today, 25(3), 40-59

Gelerstein, D., Del Rio, R., Nussbaum, M., Chiuminatto, P., & López, X. (2016). Designing and implementing a test for measuring critical thinking in primary school. Thinking Skills and Creativity, 20, 40-49.

Grant, M. 2009. Understanding projects in project based learning: A student’s perspective. Paper presented at Annual Meeting of the American Educational Research Association, San Diego, CA.

Kaldi, S., Filippatou, D., & Govaris, C. (2011). Project-based learning in primary schools: effects on pupils’ learning and attitudes. Education 3–13, 39(1), 35–47.

Kemdikbud. 2016. Permendikbud nomor 22 tahun 2016 Bab II Pasal 2 tentang Standar Penilaian Kurikulum 2013

Kemdikbud. 2016. Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Komptensi Dasar Kurikulum 2013

King, F.J., Goodson, L., & Rohani. 2006. Higher Order Thinking Skills. Center for Advancement of Learning and Assessment

Krajcik, J. S., Blumenfeld, P. C., Marx, R. W., Bass, K. M., Fredricks, J., & Soloway, E.(1998). Inquiry in project-based science classrooms: Initial attempts by middle school students. The Journal of the Learning Sciences, 7, 313-350.

Özden, M., Aydin, M., Erdem, A., & Ekmekçi, S. (2009). Öğretmenlerin proje tabanli fen öğretimi konusunda görüşlerinin değerlendirilmesi. Elektronik Sosyal Bilimler Dergisi, 8(30), 92-102.

Robert M,. Capraro & Scott W. Slough. 2009. Project Based Learning An Integrated Science Technology Engineering and Mathematics Approach. Texas : Texas A & M University.

Saracaloğlu, A. S., ÖzyılmazAkamca, G., & Yeşildere, S. ( 2006). İlköğretimde projetemelli öğrenmenin yeri [The place of project based learning in elementary education]. Gazi Türk Eğitim Bilimleri Dergisi, 4(3), 241-260.

Siswono, T. Y. E., Hartono, S., & Kohar, A. W. (2018). Effectiveness of Project Based Learning in Statistics for Lower Secondary Schools. Eurasian Journal of Educational Research, 75, 197-210.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.3829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats