PELATIHAN MEMBACA AL-QUR’AN YANG BAIK

Agus Milu Susetyo

Sari


Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiata catur dharma dari wujud keprofesionalan dosen. Kegiatan PKM (Pengamdian Kepada Masyarakat) ini dilaksana di TPQ Baitul Rhakim Desa Bangorejo, Kab. Banyuwangi. Kegiatan utamanya adalah pelatihan penambahan materi ajaran agama Islam melalui gubahan lirik lagu anak-anak. Kegiatan PKM ini dilaksanakan berdasarkan pada pemahaman penulis atas konsep pembelajaran apapun haruslah fun / menyenangkan. hal itu bertujuan agar peserta didik atau santri merasakan dan tidak jenuh selama pembelajaran. Selain itu,  kecerdasan musikal berfungsi antara lain sebagai berikut (a) meningkatkan kreativitas dan imajinasi. (b) Meningkatkan intelektualitas. (c) Memperngaruhi kecerdasan lainnya. (d) Terapi psikologis. Latar belakang inilah yang oleh pelaksanaan PKM berusaha menggabungkan konsep pembelajaran yang menyenangkan dan musik untuk meningkatkan pembelajaran agama di TPQ Baitur Rhakim. Kegiatan PKM ini memiliki solusi yang diberikan sebagai berikut. a. Mengenalkan kembali lagu anak-anak dengan gubahan lirik untuk kepentingan pendidikan agama. b. Menggunakan lagu anak-anak yang sudah diubah liriknya untuk pananaman nilai karakter yang berkaitan dengan agama atau Ketuhanan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian berlangsung pada Bulan Mei-Jun Kegiatan berupa penyuluhan dan pengarahan kepada ketua TPA (Taman Pendidikan Al Quran) Baitul Rakhim Ustz. Tatik, beserta anggota lain. Isi kegiatan ini berupa penyuluhan tentang pemanfaatan gubahan lirik lagu anak-anak menjadi lagu yang berisi penanaman karakter terkait nilai-nilai agama Islam. Hasil dari kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (a) santri dan pengelola menyukai metode dari Pelaksana PM, (b) suasana tempat santri mengaji lebih variasi dan menarik serta menyenangkan, (c) pengetahuan siswa tentang ajaran agama Islam semakin bertambah, (d) menjadikan kegiatan ini melestatikan lagu anak-anak yang ada di Indonesia. (e) tidak menutup kemungkikan pengelola TPQ mengembangkan lagu yang lagi yang lebih variatif yang sesuai dengan pelajaran di TPQ

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mahalani, Citra Isreul. 2011. Upaya Guru dalam Menanamkan Akhlak Di Kelas B TK Plus Al Hujjah Jember Tahun Pelajaran 2010-2011. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Jember: FKIP Unmuh Jember.

Nurhayati, 2013. Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Melalui Kegiatan Bernyanyi Di PAUD Flamboyan Bondowoso Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Jember: FKIP Unmuh Jember.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.