Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan Untuk Membangun Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Kewirausahaan

Ria Angin, Baktiawan Nusanto

Abstract


Kegiatan PKM ini  dimaksudkan agar panti asuhan memiliki usaha mandiri yang produktif dan memungkinkan menghasilkan pendapatan sampingan sehingga tidak sepenuhnya tergantung pada para donatur. Mekanisme kegiatan   meliputi           Persiapan, pelaksana  berkoordinasi dengan mitra yaitu Panti Asuhan Putri Aisyiyah, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. 2) Pelaksanaan kegiatan meliputi : (a) melakukan kajian dengan metode SWOT terkait dengan gagasan membentuk wirausaha mandiri di bidang kudapan Islam,  (b)memberikan pelatihan usaha,  (c)menyepakati dibentuknya  kelompok wirausaha dengan melibatkan anak asuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah,(c) memberikan pendampingan usaha, (d) latihan usaha dengan mempraktikan strategi yang dibahas dalam pelatihan usaha, 3). Evaluasi meliputi: (a) Evaluasi proses kegiatan, dilakukan pada setiap tahap kegiatan; (b) .  Evaluasi hasil kegiatan, dilakukan untuk mengetahui tingkat capaian tujuan PKM ini yakni sejauh mana kegiatan yang diselenggarakan dipahami oleh mitra dan anak asuh mitra  (c).  Evaluasi dampak kegiatan, dengan melihat  kemajuan mitra pasca kegiatan PKM.


Keywords


panti asuhan; usaha mandiri; pendapatan sampingan

Full Text:

PDF

References


Adiati, Rini Selvi; Mendrofa, 2018, Strategi Panti asuhan dalam Pemberdayaan Anak Asuh di Panti Elsadai, Sumatera Utara, Repositori, Institusi USU. http://repositori.usu.ac.id

Arisena, Korri, Gede Mekse, 2017, Diktat Kewirausahaan, Denpasar: Universitas Udayana, Prodi Agribisnis.

Pradita, Meisilvi; Jumardi, 2017, Strategi Pengurus Panti Asuhan Aisyiyah Muhammadiyah, Jakarta Selatan dalam menunjang pendidikan anak, The6th University Research Colloqium, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Isbanah, Yuyun; Kautsar, Prabowo, Prayudi Setiawan; 2017, Membangun kemandirian Financial Anak Panti Asuhan Melalui Pelatihan Kewirausahaan, Abdimas, Vol. 21, No, 2, Desember.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i1.3729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats