PERAN TERNAK PADA USAHATANI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN PETANI

Elfien Herrianto, Novi Eureka

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ternak dalam usahatani dan kontribusi ternak yang dipelihara dalam rumah tangga petani terhadap pendapatan petani.  Penelitian menggunakan metode survey dengan responden adalah rumah tangga petani yang memelihara ternak di Kecamatan Pakem dan Kecamatan Taman Krocok Kabupaten Bondowoso. Hasil penelitian menunjukkan usahatani yang paling dominan berdasarkan pendapatan bersihnya adalah usahatani ternak, usahatani padi, usahatani hortikultura. Rerata pendapatan usahatani adalah Rp 2.730.000 di   Kecamatan Taman Krocok dan Rp.1.50.000 di Kecamatan Pakem, usaha ternak dapat memberikan kontribusi terhadap pendapatan usahatani masing-masing sebesar 56 dan 48%. Kondisi ini menunjukkan bahwa dengan tingkat pemilikan ternak 8 ekor per petani di Kecamatan Taman Krocok dan 6 ekor per petani di Pakem maka usaha beternak bukan lagi merupakan usaha  sambilan merupakan cabang usaha. Peran ternak terhadap usahatani adalah sebagai penghasil pupuk kandang dan penghasil susu.. Ternak berfungsi sebagai sumber tenaga kerja 33 dan 27%, sebagai sumber pendapatan 30% dan 36%,  sebagai tabungan keluarga 17% dan 20% sebagai sumber pupuk 7% dan 6%, sebagai status sosial  10% dan  10%  serta  sebagai kesenangan 3%.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Diwyanto, K., Prawiradiputra, B. R., & Lubis, D. (2002). Integrasi TanamanTernak Dalam Pengembangan Agribisnis Yang Berdaya Saing, Berkelanjutan Dan Berkerakyatan. Wartazoa, 12(1), 1-8.

Kusnadi, U., Kusumaningrum, D. A., SIANTURI, R. G., & Triwulanningsih, E. (2005, September). Fungsi dan peranan kerbau dalam sistem usahatani di Propinsi Banten. In Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor (pp. 12-13).

Kusnadi, u., s. Iskandar and m. Sabrani, 1993. Research Methodology For Crop Animal Systems In Hilly Areas Of Indonesia. Crop- animal interaction proc. Of an international workshop held at khon koen, thailand.

Pemerintah KAbupaten Bondowoso, 2014. Bomdowoso dalam angka 2014.

Sabrani, m, b. Sudaryanto, a. Prabowo, a. Tikupadang dan a. Suparyanto. 1992. Dampak Integrasi Ternak Dalam Usahatani Terhadap Pendapatan. Pros. Agro–Industri Peternakan Di Pedesaan. Balai penelitian ternak, puslitbang peternakan, bogor.

Soehadji. 1992. Usaha Peternakan Sekarang Dan Dimasa Depan. Pros. Agroindustri peternakan di pedesaan. Balai penelitian ternak, puslitbang peternakan, bogor.

Soeharto. P.r., sudi nurtini dan taryadi, 1981. Masalah Ternak Kerbau Dan Mekanisasi Pertanian. Pros. Seminar penelitian peternakan. Puslitbang peternakan, bogor. Hlm. 161–168.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.