TERAPI PRAKTIS BAGI KELUARGA ANAK AUTIS

Khoiriyah Khoiriyah, Fitri Amilia

Sari


ABK Autis memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan, seperti anak-anak normal. Pendidikan bagi ABK Autis secara khusus disediakan pada Sekolah Luar Biasa (SLB) bagian B dan Autis. Dalam menjalankan fungsinya lembaga tersebut mengedepankan keterampilan sehingga terwujud pembelajaran yang baik bagi ABK Autis. Realitas yang ada, bahwa SLB-B dan Autis memiliki jumlah guru yang terbatas, sarana dan prasarana yang kurang memadai, serta waktu belajar yang terlalu singkat. Keterbatasanketerbatasan tersebut menyebabkan ketidak optimalan pembelajaran. Untuk memenuhi kebutuhan ABK Autis, diperlukan tindakan terapis. Kendala kedua adalah ketidakmampuan orangtua dalam pembiayaan terapis. Berkaitan dengan kendala tersebut, diperlukan suatu upaya untuk membantu pemenuhan kebutuhan ABK Autis. Upaya yang dimaksud adalah melakukan pendampingan orangtua dalam melakukan pembelajaran ABK Autis. Kenyataan bahwa banyak orangtua ABK Autis tidak mampu menangani masalah ini karena tidak punya kemampuan atau informasi yang memadai bagaimana menangani ABK Autis. Kendala tersebut akan bisa teratasi apabila orangtua memiliki kemampuan dalam menangani ABK Autis. Untuk maksud tersebut dibutuhkan pelatihan praktis beserta modul sebagai panduan untuk menangani ABK Autis. Selain itu, penting untuk mewujudkan kerjasama dengan guru SLB bagian B dan Autis dalam upaya pendampingan. Dengan begitu orangtua dapat memenuhi kebutuhan anak Autis setiap hari tanpa perlu mengeluarkan biaya yang relatif tinggi. Program pengabdian ini dilaksanakan di SLB bagian B dan Autis di SLB Bintoro Jember, dengan tujuan membantu masyarakat untuk mendapat informasi bagaimana menangani anak Autis secara dini dengan menggunakan metode praktis berbasis keluarga yang terkoordinasi dan berkelanjutan dengan mengoptimalkan komunitas orangtua ABK Autis. Target kegiatan pengabdian ini adalah: (1) Tersusunnya panduan Terapi Praktis Bagi Keluarga Anak Autis, (2) Orangtua bisa melakukan terapi dasar pada ABK Autis, (3) Terciptanya komunitas orangtua ABK Autis yang terkoordinasi (4) Terwujudnya ABK Autis yang tertangani secara tepat. Adapun metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan serta menggerakkan partisipasi keluarga atau masyarakat membentuk komunitas untuk peduli dan menangani ABK Autis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Handojo, 2003. Petunjuk Praktis & Pedoman Materi Untuk Mengajar anak Normal, Autis & Perilaku Lain. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer Gramedia

Hasdianah. 2013. Autis Pada Anak; Pencegahan, Perawatan dan Pencegahan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mudjito [dkk]. 2012. Pendidikan Inklusif Tuntunan untuk Guru, Siswa dan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus dan Layanan Khusus. Jakarta: Baduose Media.

Purwanta, Edi. 2012. Modofikasi Perilaku Alternatif Penagnan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunu, C. 2012. Unlocking Autisme. Yogyakarta: Lintang Terbit

Sutadi, Rudi – detikHealth, Yayasan Autisma Indonesia (YAI). 2010. Website: http://www.autisme.or.id

Yuwono, J. 2012. Memahami Anak Autis. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.