Pembinaan Usaha Kreatif Dari Papan Partikel Serat Tebu Untuk Pondok Tahfidz Lazizmu

Sri Fitria Retnawaty, Denny Astrie Anggraini, Yeeri Badrun

Abstract


Lazismu memiliki beberapa program rutin yang utama antara lain Program Tahfidz Quran. Saat ini kegiatan santri yang ada di Pondok Tahfidz Quran Lazismu Pekanbaru sebagian besar dilakukan untuk menghafalkan Al Quran, mengikuti kelas tahsin dan sepekan sekali mereka diberi kesempatan berolahraga seperti futsal, atau olahraga lain yang diminati. Namun belum ada kegiatan pengembangan kemampuan lainnya untuk para santri. Dimana setelah mengikuti pendidikannya, para santri tentunya membutuhkan kemampuan dan keterampilan untuk kemandirian dalam kehidupan mereka, sehingga perlu diberikan bekal terkait pengembangan kewirausahaan untuk memperbanyak pengalaman dan kemampuan diri dalam menjalani kehidupan santri setelah menempuh pendidikan di masa mendatang. Kegiatan ini dilakukan melalui berbagai pendekatan yaitu dalam bentuk workshop/pelatihan intensif, teknologi dan prosedur pembuatan, promosi dan pemasaran serta pendampingan dan pengawasan pembuatan papan partikel dari limbah tebu untuk diolah menjadi jam serat tebu. Hasil dari pengabdian yang sudah dilaksanakan yaitu santri sudah mengenal papan partikel dari ampas tebu dan mampu membuat serbuk ampas tebu dan papan partikel dari ampas tebu, serta santri sudah dapat membuat desain bentuk jam dari serat tebu sebagai salah satu produk hasil olahan serat tebu.


Keywords


serat tebu, papan partikel, pengembangan kewirausahaan, lazizmu

Full Text:

PDF

References


Latar Belakang | lazismu.” [Daring]. Tersedia pada: https://www.lazismu.org/latarbelakang/. [Diakses: 10-Sep-2018].

LAZISMU Tebar Kurban ke Daerah Kumuh. Republika online 25 Sep 2013.

Lazismu dan Tri Hadirkan 3Satria Pantang Nyerah. TribunNews online 9 Agustus 2011. “Pendidikan dan Kesehatan | lazismu.” [Daring]. Tersedia pada: https://www.lazismu.org/pendidikankesehatan/. [Diakses: 10-Sep-2018].

Helmi, “Kajian Strategi Fundraising Lembaga Amil Zakat Infaqshodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) Kota Pekanbaru terhadap Peningkatan Pengelolaan Dana zakat Infaq Shodaqoh (ZIS),” Apr 2014.

I. Santosa, “Masalah Dan Tantangan Pengembangan Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa Di Indonesia,” J. Inov. dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 3, hal. 203–207, 2014.

J. G. Haygreen, J. L. Bowyer, dan S. A. Hadikusumo, Hasil hutan dan ilmu kayu : Suatu pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1989.

K. M. Malau, “Pemanfaatan Ampas Tebu Sebagai Bahan Baku Dalam Pembuatan Papan Partikel,” 2010.

J. C. F. Walker, Primary Wood Processing Principles and Practice. London: Chapman & Hall, 1993.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats