Sosialisasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada SMP Negeri 1 Tikung Lamongan

Indah Kurniawati, Aa’ Batara Suganda

Abstract


Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang benar dalam   pengelolaan  dana Bantuan Operasional  Sekolah  (BOS)  di  SMP  Negeri 1  Tikung  Lamongan.  Dalam kegiatan ini disampaikan poin penting tahap pengelolaan dana BOS yang efektif dan efisien yaitu: (1) Perencanaan dana BOS di SMP Negeri 1 Tikung Lamongan tahun ajaran dilakukan dengan menyusun RKAS oleh tim anggaran sekolah dengan diketahui  oleh  komite  sekolah,  guru,  karyawan,  dan  orangtua  atau  wali  murid. Penyusunan  RKAS  di  laksanakan  bersama  dengan  penyusunan  RAB  BOS (2) Pelaksanaan penggunaan dana BOS di SMP Negeri 1 Tikung Lamongan, dimana sekolah menerima dana bos secara triwulan. Pengunaan dana BOS di alokasikan dalam 2 komponen yaitu belanja langsung terkait dengan ke delapan Standar Nasional Pendidikan dan belanja tidak langsung terkait dengan gaji dan tunjangan para guru (3) Pengawasan dana BOS di SMP Negeri 1 Tikung Lamongan pertama-tama dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung dengan cara rutin memeriksa laporan keuangan sekolah pada akhir bulan, berkomunikasi dengan bendahara serta melihat langsung penggunaan dana BOS.


Keywords


dana BOS; perencanaan; pelaksanaan; pengawasan

Full Text:

PDF

References


Bogdan dan Taylor. 2014. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. (him.4). Rineka Cipta: Jakarta Kurniawati, Devi. 2008. Pentingnya Pendidikan Bagi Semua Orang. Artikel. (Online), Diakses 29 Mei 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. No 76 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dan Pertanggungjawaban Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2013. Lembaran Negara RI 2012. Sekretariat Negara. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. No. 26 Tahun 2017 Tentang Perubahan

Atas Peraturan Menteri Pendidikan

dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun

Lembaran Negara RI 2017 .

Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2003. Undang- Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaga Negara RI Tahun 2003. Sekretariat Negara. Jakarta.

Risa Untari. 2014. Mahalnya Biaya Pendidikan Di Indonesia. Artikel Mpa Fip Unj 2014. (Online). Diakses 29 Mei 2019.

Usman, Husaini & Purnomo. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats