Pendampingan Dan Peningkatan Pendapatan UMKM Melalui Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada Home Industry Songkok

Yenni Vera Fibriyanti, Noer Rafikah Zulyanti, Kiky Ratih Ardiyantika

Abstract


Dengan adanya Revolusi 4.0, maka perkembangan perekonomian juga semakin pesat dan tajam banyak terjadi persaingan diberbagai bidang kehidupan, terutama persaingan didunia bisnis. Banyak UMKM yang saling berlomba untuk meningkatkan pendapatan, sehingga hal ini memacu UMKM berusaha terus maju untuk memperbaiki bisnisnya. Tujuan utama dalam program pengabdian pada masyarakat yaitu pendampingan UMKM untuk meningkatkan pendapatan UMKM melaui pengendalian persediaan bahan baku pada home industry songkok Desa Pengangsalan Kecamatan Kalitengan Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan untuk merealisasikan program pengabdian masyarakat ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa : persediaan bahan baku pada home industry songkok Desa Pengangsalan cukup memadai, karena unsur-unsur yang dibutuhkan oleh persediaan bahan baku yang memadai terpenuhi terlihat dari adanya sumber daya manusia, peralatan, formulir, catatan dan prosedur dalam perusahaan terdapat dengan baik. Oleh karena itu, dengan adanya pendampingan pengendalian persediaan bahan baku dapat meningkatkan pendapatan home industry songkok Desa Pengangsalan. Tetapi dalam pencatatan laporan keuangan untuk persediaan bahan baku-nya masih dilakukan dengan manual.


Keywords


pengendalian, persediaan bahan baku, pendapatan, home industry songkok

Full Text:

PDF

References


Abriandi, Irene Kristiani. 2013. Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Internal atas Penggunaan Bahan Baku terhaap Laba: Studi Empiris pada PT. Anugrah Spectra Glass. JMA. Volume 18 No 2.

Diana, Anastasia Dan Lilis Setyawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Andi OFFSET, Yogyakarta.

Luayyi, S. 2013. Evaluasi Sitem Pengendalian Intern Persediaan Bahan Baku Untuk Memperlancar Proses Produksi (Studi Kasus Pada Pr. Kn Jaya Sentosa Kediri). Jurnal. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi, UNISKA Kediri.Volume 1 No 1 Januari 2013.

Manengkey, N. 2014. Analisis Sistem Pengendalian Intern Persediaan Barang Dagang Dan Penerapan Akuntansi Pada PT. Cahaya Mitra Alkes. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 013-021

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi. Selemba Empat, Jakarta.

Mustofa, Ahmad. 2015. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Bahan Baku dalam Kelancaran Proses Produksi: Studi Kasus pada UD. Bintang Terang Surabaya. Jurnal Akuntansi UBRAHA. ISSN: 2460-7762.

Sari, R,M. 2013. Pengendalian Intern Atas Pengelolaan Persediaan Bahan Baku Pada Pabrik Gula Modjopanggong Tulungagung.Jurnal Kompilasi Ilmu Ekonomi STIE Kesuma Negara Blitar. Vol.5 No.2 Desember 2013.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats