Pendampingan Pemerintah Desa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) Di Desa Tunggul Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

Zuhrotun Nisak, Teguh Budi Utomo

Abstract


Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemerintah desa di desa Tunggul dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD). Untuk melihat kemampuan pemerintah desa dalam pengelolaan ADD maka penulis merujuk pada pengelolaan yaitu mulai dari tahap  perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan pertanggungjawaban. Metode yang digunakan untuk merealisasikan program pengabdian masyarakat ini adalah pemaparan materi, pendampingan, evaluasi. Hasil pengabdian masyarakat menunjukan bahwa kemampuan pemerintah desa Tunggul sebenarnya dari segi aspek kemampuan dalam administratif itu sudah membaik dari tahun ke tahun, tetapi dari segi penentuan program kerja dalam penggunaan ADD itu masih minim.Permasalahan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni ; (1) Masyarakat Desa Tunggul telah mempercayai pihak pemerintah desa dalam segala urusan permerintah desa, dan (2) Pengawasan oleh tim pengawas belum maksimal.

 


Keywords


pengelolaan alokasi dana desa; pendampingan, kemampuan administrasi

Full Text:

PDF

References


Fadmawati, Farida. 2018. Pengaruh Pendapatan Asli Desa (PADesa), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Jumlah Sarana Kesehatan Terhadap Alokasi Belanja Desa bidang kesehatan Tahun 2017. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Habibah, Ummu. 2017. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Desa (PADesa), Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi (BHPR) terhadap Belanja Desa Bidang Pendidikan pada desa-desa di Kabupaten Sukoharjo. Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Muhammadiyah Surakarta.

Peraturan Bupati Lamongan Nomor 51 Tahun 2015 Tentang Pedoman Teknis Pengalokasian dan Pembagian Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Lamongan.

Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014, tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang RI No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Peraturan pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats