Pembelajaran Online Marketing Pada Program Kewirausahaan Pemberdayaan Wanita Desa Kesamben Wetan Gresik

Dewi Mustikasari Immanuel

Abstract


Pentingnya pertumbuhan ekonomi lewat pengembangan kewirausahaan mendorong terwujudnya kerjasama antara aparat pemerintah desa Kesamben Wetan kabupaten Gresik dengan Universitas Ciputra yang melibatkan peserta para ibu rumah tangga setempat. Tidak adanya keberanian untuk memulai suatu bisnis dan dirasa kurangnya pendapatan yang diperoleh menjadi permasalahan sosial yang ingin dicarikan solusinya. Program pelatihan kewirausahaan disusun untuk dijalankan di desa Kesamben Wetan guna mengasah keterampilan dan juga menambah wawasan kewirausahaan serta online marketing agar para peserta lebih berani untuk menjadi wirausaha. Hasilnya terbentuklah bisnis wirausaha mandiri yang dimiliki para ibu rumah tangga yang diikutkan dalam acara puncak kirab budaya desa Kesamben Wetan.


Keywords


kewirausahaan, pemasaran online

Full Text:

PDF

References


Etzkowitz, H. and Leydesdorff, L. (2000) ‘The dynamics of innovation: From National Systems and “mode 2” to a Triple Helix of university-industry-government relations’, Research Policy, 29(2), pp. 109–123. doi: 10.1016/S0048-7333(99)00055-4.

Gries, T. and Naudé, W. (2010) Entrepreneurship and structural economic transformation, Small Business Economics. doi: 10.1007/s11187-009-9192-8.

Hisrich, R. (2016) Entrepreneurship 10th edition.

Hisrich, R. D. and E-mail, N. H. (2010) Technology Entrepreneurship Technology Entrepreneurship, Technology.

Immanuel, D. M. and Padmalia, M. (2016) ‘Identifikasi Peranan Orang Tua Wirausaha Dalam Pembentukan Karakter Entrepreneurial Spirit Dan Keberlangsungan Business Project Mahasiswa Universitas Ciputra’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Fakultas Ekonomika dan Bisnis, 19(2), p. 263. doi: 10.24914/jeb.v19i2.557.

Markuerkiaga et al. (2016) ‘Railway Scheduling Article information : About Emerald www.emeraldinsight.com’, 35(6). doi: http://dx.doi.org/10.1108/JMD-03-2016-0034.

Masa’deh, R. et al. (2018) ‘The effect of promotional mix on hotel performance during the political crisis in the Middle East’, Journal of Hospitality and Tourism Technology. Emerald Group Publishing Ltd., 9(1), pp. 32–47. doi: 10.1108/JHTT-02-2017-0010.

Munfaqiroh, S. (2018) ‘Faktor Yang Mempengaruhi Wirausaha Wanita Miskin Untuk Mencapai Keberhasilan Usaha’, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 10(2), pp. 57–65. doi: 10.32812/jibeka.v10i2.74.

Rico, P. and Cabrer-Borrás, B. (2019) ‘Entrepreneurship, firms creation and regional performance’, European Journal of Management and Business Economics, 28(2), pp. 158–173. doi: 10.1108/ejmbe-07-2018-0077.

Sharma, A. (2011) ‘Take-off of online marketing: Casting the next generation strategies’, Business Strategy Series, 12(4), pp. 202–208. doi: 10.1108/17515631111155160.

World Economic Forum (2011) ‘Unlocking entrepreneurial capabilities to meet the global challenges of the 21st Century A Report of the Global Education Initiative at the World Economic Forum ’:, (April).




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats