Studi Beban Emisi Gas Metan (Ch4) Dari Kegiatan Peternakan Di Desa Galengdowo Jombang

Rachmanu Eko Handriyono, J.E Sutanto, Galang Ramadhan Gunawan Putra

Abstract


Galengdowo adalah sebuah desa di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang - Jawa Timur. Penduduk di Desa Galengdowo kebanyakan mempunyai mata pencaharian sebagai peternak. Kegiatan peternakan merupakan salah satu penghasil emisi karbon. Kegiatan pengabdian ini menghitung beban emisi gas metan dari kegiatan peternakan di Desa Galengdowo. Data kegiatan meliputi jumlah populasi dan jenis hewan ternak yang berada di Desa Galengdowo. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan survey langsung. Wawancara untuk mencari data jumlah, jenis dan pemilik peternakan sedangkan survey langsung bertujuan untuk mendapatkan koordinat lokasi dari Peternakan. Beban emisi gas metan CH4 dari aktivitas fermentasi enteric dan pengolahan kotoran di peternakan desa Galengdowo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emisi CH4 dari fermentasi enteric peternakan di desa galengdowo sebesar 0,9328 CO2 –eq Gg/Tahun dan CH4 dari Pengelolaan kotoran peternakan di desa galengdowo sebesar 0,4224 CO2–eq Gg/Tahun. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa Dusun Galengdowo dan Pengajaran merupakan Penghasil emisi tertinggi dari sektor Peternakan.


Keywords


emisi gas metan, galengdowo, peternakan

Full Text:

PDF

References


IPCC, 2006, Emission From Livestock and Manure Management, Guidelines for National Greenhouse Gas Inventories. Chapter 10. p. 72-82.

Nurhayati dan Widiawati., 2017 Emisi Gas Rumah Kaca dari Peternakan di Pulau Jawa yang Dihitung dengan Metode Tier-1 IPCC, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Bogor.

Singgih Moch., Setijanen Djoko Hartono., dan Istantyo Yuwono, 2017, IbM Dusun Galengdowo Desa Galengdowo yang Masyaraktnya Mengkomsumsi Air Keruh,Vol 02, Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, Surabaya.

Widiawati Y., 2013, Current and Future Mitigaion Activities on Methane Emission From Ruminant in Indonesia, In: Tiesnamurti B, Ginting SP, Las I, Apriastuti D, editors. Data Inventory and Mitigation on Carbon Emission and Nitrogen Recycling from Livestock in Indonesia, Jakarta (Indonesia): IAARD Press. p. 33-44.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats