Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang
Abstract
Kuliner sate bandeng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai komoditas pasar. Kuliner ini awalnya hanya dapat dikemas dalam bentuk kemasan dus yang hanya bertahan selama 2-3 hari saja. Namun saat ini, sate bandeng dapat dikemas untuk jangka waktu yang lebih lama, yakni 10 bulan dengan kemasan foil melalui proses penggunaan mesin vacum. Dengan adanya metode pengemasan ini, sate bandeng memiliki potensi yang lebih luas sebagai komoditas pasar sebagai oleh-oleh karena lebih tahan lama. Kota Serang dapat mengembangkan kuliner yang satu ini karena memiliki potensi pasar, daya jual beli, dan komoditas pasar lebih luas sebagai oleh-oleh. Pelaku UKM sate bandeng akan diberikan pengetahuan mengenai branding. Pengetahuan dan pendidikan mulai dari kemasan produk, sampai pada cara memasarkan produk, baik yang konvensional maupun yang online. Sesuai dengan perkembangan ilmu komunikasi pemasaran, saat ini media sosial, Media sosial mampu memberikan solusi bagi permasalahan tingginya biaya pemasaran Peningkatan kualitas dan kuantitas produk sate bandeng yang tetap terjaga, selain dapat dilakukan melalui berbagai pelatihan dan pendampingan, juga publikasi yang cukup untuk membantu perluasan pasar. Promosi seefisien mungkin, dengan biaya promosi yang tidak mahal namun mampu menyentuh pasar dengan jumlah yang tak terhingga banyaknya. Era sekarang cara ini sudah menjadi model komunikasi pemasaran yang banyak digunakan penguasaha, murah dan menguntungkan. Oleh karena itu, metode komunikasi pemasaran digital atau online perlu menjadi pendekatan yang dapat diaplikasikan oleh para pengusaha, dengan catatan tetap menjamin kualitas dan kuantitas produk, agar konsumen tidak kecewa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aaker David & Biel: 1993. Brand Equity & Advertising: Advertising's Role in Building Strong Brands. USA.
Austin, M. S., &Graiko, S. Digital and Social Media in the Purchase-Decision Process: A Special Report from the Advertising Research Foundation. Journal of Advertising Research, 52(4), 479. doi: 10.2501/jar-52-4-479-489. (2013).
Brandt, D. R. Website vs. Traditional Survey Ratings Do They Tell The Same Story?.Journal of Marketing Research, 24(3), 9-13. 2016. 678513 (2016).
Brannan, Tom. 1998. A Practical Guide to Integrated Marketing Communications –Komunikasi Pemasaran Terpadu. PT. Gramedia Pustaka Utama – Jakarta.
Bruhn, Manfrendet all. Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation?.Journal of the Management Research Review.Vol. 35.No. 9.Tahun 2014
Burnett, John & Sandra Mariaty. 1998. Introduction to Marketing Communications, an integrated Approach. London, Prince Hall International Inc.
Consalvo, Mia & Charles, 2011. Ess.The Handbook of Internet Studies. Wiley-Blackwell Publishing.
Dillman, D. A. 2000. Mail and Internal surveys: The tailored design method. New York, NY. John Wiky Company.
Goldberg, Fishbein & Middlestadt: 2007. Social Marketing: Theoretical and Practical Perspectives.
Hansel, Kyle &Deis, Michele H. Using edia to Increase Advertising And Improve Marketing. Journal of Entrepreunerical Executive. Volume 15 tahun 2015.
Ivanauskas, Giedrius. 2009. The Evaluation of Social Media Effect on Marketing Communications: The UK Consumers Perspective. MA International Business and Marketing.
Ketter, Eran & Eli, Avraham. The Social Revolution of Place Marketing; The Growing power of Users in Social Media Campaigns. Journal of Branding and Public Diplomacy.Vol. 8. 4. 285-294. (2012)
Khang, Hyoungkoo. et all. Social Media Research in Advertising, Communication, Marketing, and Public Relations, 1997-2010.Journalism & Mass Communication Quarterly. 2012
Kietzmann, J. H., Silvestre, B. S., McCarthy, I. P., & Pitt, L. F. Unpacking the social media phenomenon: towards a research agenda. Journal of Public Affairs, 12(2), 109-119. doi: 10.1002/pa.1412 Labs| Global Pulse. (2012).
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milemium, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Kunz, Michele B., et all. Fans, Friends, and Followers; Social Media in The Retailers’ Marketing Mix. Journal of Aapplied Business and Economics.Vol. 12(3) 2014.
Lopez, Manuela & Sicilia, Maria.How WOM Maarketing Contributes to New Product Adoption. European Journal of Marketing .Vol 47.Tahun 2013.
Lorenzo-Romero, C., & Alarcón-del -Amo, M.-d. C. Segmentation of Users of Social Networking Websites. Social Behavior and Personality: an international journal, 40(3), 401-414. doi: 10.2224/sbp.2012.40.3.401 (2012).
Ludwig, S., de Ruyter, K., Friedman, M., Brüggen, E. C., Wetzels, M., &Pfann, G. More Than Words: The Influence of Affective Content and Linguistic Style Matches in Online Reviews on Conversion Rates. Journal of Marketing, 77(1), 87-103. (2014).
Metha, minu&Anad. Richa.Social Media and Micro Entrepreuners; Lifestyle Marketing.Journal of Entreprunership and Management. Volume1 Issue 3 Oktober 2014
Moghavvemi, sedigheh, et all. The entrepreuner’s perception on information technology innovation adoption; an empirical analysis of the role of precipating events on usage behavior. Journal of Marketing Communication Research, 24(3), 9-13. 2015.
Naseri, Mohammad Bakher& Eliot, Greg. Role of demographics, social connectedness and prior internet experience in adoption of online shopping; applications for direct marketing.Journal of Targeting Management and Analysis for Marketing. Vol. 19, 2, 69-64 (2015)
Nekmat, E. Message Expression Effects in Online Social Communication. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 56(2), 203-224. doi: 10.1080/08838151.2015.
Peter & Olson, 2000. Consumer Behavior perilaku konsumen dan strategi komunikasi pemasaran. Erlangga Jakarta
Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. – Cet. 1. – PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Romaniuk, JAre You Ready for the Next Big Thing? New Media Is Dead! Long Live New Media! Journal of Advertising Research, 52(4), 397. doi: 10.2501/jar-52-4-397-399 . (2015).
Roulhudana, Fajar & Hoesin, Hanif. 2014. Study Pengembangan SDM Wirausaha Bidang KOMINFO. Kajian eksplorasi pada wirausaha web & hosting/datacenter, konten kreatif digital dan portal toko online. LaporanPenelitian DEPKOMINFO.
Roulhudana, Fajar. 2012. Model Komunikasi Bisnis E-Commerce UMKM Dalam Rangka Membangun Kepercayaan Konsumen (Trust) di Provinsi Sulawesi Selatan. Laporan Penelitian DEPKOMINFO.
Ryan, Damian. 2009. Understanding digital marketing : marketing strategies for engaging the digital generation. Kogan Page Limited London UK,Philadelphia USA.
Schultz, Don E, Tannenbaum, Stanley I and Lauterborn, Robert F. 2003. Integrated Marketing Communications. Illinois USA.
Shimp, Terence A. University of South Carolina. 2003. Promotion Management & Marketing Communication. The Dryden Press.
Slyke, Craig Van,.Et all. Perceived mass and the adoption of a communication technology.European Journal of Information Systems. Vol. 16 July 2016.
Stieglitz, S., & Dang-Xuan, L. Emotions and Information Diffusion in Social Media—Sentiment of Microblogs and Sharing Behavior.Journal of Management Information Systems, 29(4), 217-248. doi: 10.2753/mis0742-1222290408 (2015).
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya,
Tariq, Mohammad & Wahid, Fazal.Assesing Effectiveness Of Social Media And Traditional Marketing Approaches In Terms Of Cost And Target Segment Coverage. Journal Of Institute Of Interdisciplinary Business Research. 2015.
Trout, Jack and Rivkin, 2007. Steve. The New Positioning. McGrow-Hill, Inc. Singapore.
Trurlow, Crispin., et all. 2004. Computer Mediated Communication; Social Interaction And The Internet . Sage Publication . California.
Yadin, Daniel L. 2009. Creating Effective Marketing Communications – Menciptakan Komunikasi Pemasaran Yang Efektif-. PT. Gramedia Pustaka Utama – Jakarta.
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/12/21/17014516/Indonesia.Capai.Puncak.Bonus.Demografi.2017.2019 Twitonomy. (2017).
http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2015/08/31/siapkah-kita-menghadapi-masyarakat-ekonomi-asean-2015-684586.html
http://inet.detik.com/read/2016/06/24/092646/2281884/398/3-manfaat-dahsyat-sosial-media-bagi-e-commerce Chatoer. 2016.
http://jalantikus.com/tips/detail/1246/Infographic : Brand Terbesar di Media Sosial di Asia Tenggara pada tahun 2015-Jalantikus.com. (2015).
http://news.detik.com/read/2014/10/09/113752/2714005/10/siapkah-indonesia-menghadapi-pasar-bebas-asean-tahun-depan
http://swa.co.id/business-strategy/sdm-indonesia-belum-siap-menghadapi-mea-2015
http://techno.okezone.com/read/2015/08/18/92/851383/5-tips-berbisnis-online-di-facebook
http://www.bappenas.go.id/node/168/3636/bkpm--indonesia-negara-anggota-g20-dengan-pertumbuhan-terpesat-kedua/ .2015.
DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats