Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Di SD/TK Karunia Hidup Surabaya

Deograsias Yoseph Yustinianus Ferdinand, Aurelius K.T, Reynaldi G.D

Abstract


Setiap tahun jumlah lulusan sekolah dasar semakin meningkat. Kondisi ini terus meningkat setiap tahunnya, sedangkan di sisi lainnya jumlah lapangan kerja yang tersedia sangat terbatas. Permasalahan ini bisa dikurangi jika ada pelatihan kewirausahaan sejak dini. Mitra kegiatan ini adalah siswa siswi TK/SD Karunia Hidup Surabaya. Pokok masalah yang dihadapi di TK/SD Karunia Hidup adalah keutaman manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan kewirausahaan tidak dilaksanakan dengan baik dan terstruktur sehingga hasil yang didapat tidak maksimal. Hasil yang diperoleh dari pelatihan kewirausahaan ini adalah bahwa siswa memiliki kemampuan untuk secara mandiri menghasilkan karya yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Ini bisa dilihat dari hasil karya mereka yang terlihat rapi dan sesuai dengan contoh wujud barang hasil karya yang sudah jadi yang disampaikan kepada Siswa.

 

Kata Kunci : Kewirausahaan, Karya, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Barnawi dan Mohamad Arifin. (2012). School Preneurship Membangkitkan Jiwa dan Sikap Kewirausahaan Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

BPS. (2019). Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,01 persen. Diakses tanggal 25 Mei 2019 dari www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html

Ciputra. (2009). Ciputra Quantum Leap (Entepreneurship Mengubah Masa Depan Bangsa dan Masa Depan Anda). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Drucker, Peter F. (2007). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. Oxford: Butterworth-Heinemann.

Eman Suherman. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Endang Mulyani, dkk. (2010). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.

Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 Tentang Gerakan Nasional Memasyrakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan

Kemendikbud. (2019). Tabel Statistik Sekolah Dasar. Diakses pada 06 Mei 2019 dari statistik.data.kemdikbud.go.id/

Lutma Ratna. (2013). Analisis nilai-nilai Kewirausahaan dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Tesis. Bandung. Pasca Sarjana UPI.

Ngadi. (2005). Model Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Melalui Strategi Berbasis Sekolah. Madura: Modul dalam Rangka Hari Guru Nasional Internasional dengan Penyelenggara PGRI Kabupaten Sumenep Tahun 2005 Tanggal 30 Nopember 2005 : Universitas Wiraraja

Poerwati, Endah Loeloek, dkk. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka

Ranto. (2007). Korelasi antara Motivasi , Knowledge of Entreprenurship dan Independensi dan The Enteprenur’s Performance pada kawasan industri kecil. Jakarta. Manajemen Usahawan Indonesia, LMFE-UI

Sudarwan Danim. (2010). Karya Tulis Inovatif. Bandung: Rosda Karya

Suherman. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Sugiono .(2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat

Susilaningsih. (2015). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi: Pentingkah untuk Semua Profesi?. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol/ 2 Nomor 1. E-ISSN 2460=1152

Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wijatno, Serian. (2009). Pengantar Entepreneurahip. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats