Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Untuk Meningkatkan Kuantitas Usaha Rintisan Mahasiswa Di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

Sri Hermuningsih, V.Reza Bayu Kurniawan

Abstract


Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) adalah program multi-tahun yang disediakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah wirausaha mahasiswa di UST. Program ini telah berjalan selama dua tahun (2017 dan 2018) di UST, dan telah melibatkan berbagai pihak seperti pelajar, mentor, dan pemangku kepentingan eksternal. Agenda utama program ini adalah pelatihan manajemen dan kewirausahaan, lokakarya pengembangan produk, inkubator bisnis, pendanaan, dan pameran. Program kewirausahaan yang dijalankan di UST pada 2017 dan 2018 telah menghasilkan 21 bisnis tahap awal dengan persentase terbesar adalah sektor kuliner sebesar 62%, dan diikuti oleh sektor kerajinan / kreatif dalam persentase terbesar kedua sebesar 24%, sektor mode pada 9% dan yang lainnya 5%. Selain itu, penyewa yang diawasi dalam program ini juga telah disertifikasi sebagai sertifikat produksi makanan industri rumah tangga (P-IRT) untuk dua penyewa dan penyewa lain telah menerima perjanjian kemitraan dengan perusahaan tingkat nasional. Dalam implementasi tahun ke-3, program ini akan fokus pada adopsi sains dan teknologi di tahap inovasi produk, tahap produksi, dan tahap pemasaran.

 

Kata Kunci: sains dan teknologi, kewirausahaan, penyewa


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2010). Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta.

Drucker, P.F., 1994, Inovasi dan Kewiraswastaan: Praktek & Dasar-Dasar, Jakarta: Erlangga

Frinces, Z.H., 2010, Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia, Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 7, No. 1, April 2010.

Hackathorn, J. E., Solomon, E.D., Blankmeyer. K.L., Tennial. R.E., and Garczynski A.M. .2011.Learning by Doing: An Empirical Study of Active Teaching Techniques. The Journal of Effective Teaching, Vol. 11, No. 2, 2011, 40-54.

Hafer, R.W., 2013, Entrepreneurship and State Economic Growth, Journal of Entrepreneurshop and Public Policy, Vol. 2, Issue 1, pp.67-79.

Hermina, U.N., Novieyana, S., dan Zain, D., 2011, Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha Pada Program Studi Administrasi Politeknik Negeri Pontianak, Jurnal Eksos Vol. 7 No. 2 Jul 2011 hlm. 130-141.

Kurnianto, B.S., dan Putra, S.I., 2012, Menumbuhkembangkan Minat Berwirausaha Bagi Para Mahasiswa di Lingkungan Perguruan Tinggi, Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manahemen Bisnis 26 Mei 2012.

Miguel, Galindo, A., María, Méndez, T., Picazo, 2013, Innovation, Entrepreneurship and Economic Growth, Management Decision, Vol. 51, Issue 3, pp. 501-514.

Saragih, R. 2017. A Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan Kewirausahaan Sosial. Jurnal kewirausahaan, Universitas Methodist Indonesia.

Zimmerer, W. T., Norman M.S. (1996). Entrepreneurship and The New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall Inc.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats