Pelatihan Pengenalan Sistem Kerja Disertai Hibah Mesin Crusher Botol Plastik

Fadwah Maghfurah, Fajar Ramadhan, Shofiatul Ula

Abstract


Plastik merupakan salah satu jenis sampah yang volumenya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Seiring dengan perkembangan ekonomi, penggunaan plastik semakin meningkat. Hal ini dikarenakan oleh keunggulan plastik dibanding dengan jenis material yang lain seperti ringan, kuat, tahan korosi, sifat insulasi yang baik dan mudah diwarnai. Karakteristik sampah plastik yang berbeda dengan sampah organik adalah sulitnya terurai di dalam tanah, diperlukan waktu puluhan atau ratusan tahun agar dapat terdegradasi sempurna. Oleh karena itu, penanganan sampah plastik dengan sistem landfill maupun open dumping bukan merupakan pilihan yang tepat.  Seiring perkembangan jaman, banyak hal yang dilakukan untuk mengurai sampah plastik khususnya adalah botol plastik, di antaranya adalah mendaur ulang kembali sampah botol plastik tersebut dengan cara dihancurkan terlebih dahulu. Penghancuran limbah plastik diharapkan dapat mengurangi limbah botol plastik menjadi hal yang buruk bagi lingkungan dan juga meminimalisir adanya pemalsuan botol plastik sehingga dapat melindungi hak konsumen sebagai pengguna sehari hari seperti botol oli, botol air mineral dan botol botol plastik ringan lainya. Kelurahan Menteng Jakarta Pusat memiliki bank sampah, namun pengelolaan sampah khususnya sampah plastik dalam bentuk botol belum optimal. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah pelatihan pengenalan mengenai sistem kerja mesin crusher botol plastik dan pemberian hibah mesin tersebut kepada warga Menteng Jakarta Pusat. Hasil kegiatan pengabdian ini dapat membantu industri kecil dan rumah tangga dalam membuka peluang bisnis dari hasil daur ulang botol plastik bekas.

Kata Kunci : pelatihan, hibah mesin, mesin crusher, botol plastik


References


Darwin R. B. Syaka, dkk, 2016, Disain dan Analisis Mesin Pencacah Gelas Plastik dengan Penggerak Manual, Jurnal Konversi Energi dan manufaktur UNJ, Edisi Terbit III Oktober 2016.

L. Habib Almukti, 2018, Perancangan Konstruksi Mesin Pencacah Limbah Plastik, Spark, Jurnal Mahasiswa Teknik Mesin ITN Malang Vol 01 No. 01 Tahun 2018 hal. 54-58.

Mochtar Asroni, dkk, 2018, Pengaruh Model Pisau pada Mesin Sampah Botol Plastik, Jurnal aplikasi dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS Vol. 1 No. 1 April 2018 hal 29-33.

Muh. Ilyas Syarif dan Syahrir, 2018, Rancang Bangun Alat Penghancur Limbah Rumah Tangga Berbasis Mikrokontroller dan Internet of Things (IoT), Prosiding Seminar Hasil Penelitian (SNP2M) 2018 pp. 149-153.

Muhammad Nur Aslam, dkk, 2018, Rancang Bangun Mesin Crusher Plastik, Artikel Proceedings Conference on Design Manufacture Engineering and its Application, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Nuryati, dkk, 2015, Rekayasa Mesin Penghancur Plastik Knock Down Guna Peningkatan Pengolahan Limbah Plastik Melalui Manajemen Usaha SMART System, Artikel Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats