IbM TERAPI PRAKTIS BAGI KELUARGA ANAK TUNARUNGU

Dra. Khoiriyah, M.Pd Dra. Siti Rodliyah

Abstract


ABK tunarungu memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan, seperti anak-anak normal. SLB Bmerupakan lembaga yang khusus menangani pembelajaran denganmengedepankan keterampilanhingga bisa memberikan pembelajaran yang baik bagi ABK tunarungu. Untuk memenuhikebutuhan ABK tunarungu, diperlukan tindakan terapis. Namun, kendalanya adalahketidakmampuan orang tua dalam menjangkau biaya terapis. Berdasarkankendala tersebut, makadiperlukan sebuah upaya untuk membantu pemenuhan kebutuhan ABK tunarungu. Upaya tersebutadalah melakukan pendampingan orang tua dalam melakukan pembelajaran ABK tunarungu.Namun pada kenyataannya orang tua ABK Tunarungu tidak mampuuntuk menangani masalah inikarena tidak punya kemampuan atau informasi yang memadai bagaimana menangani ABKTunarungu.Faktor kendala tersebut akan bisa teratasi kalau seandanyan para wali murid memilikikemampuan dalam menangani ABK Tunarungu, untuk itudibutuhkan pelatihan dan modul metodepraktis untuk menangani ABK Tunarungu. Tujuan Pengabdian ini adalah membantu masyarakatuntuk mendapat informasi bagaimana menangani anak tunarungu secara dini denganmenggunakan metode praktis dasar berbasis keluargayang terkoordinasi dan berkelanjutandengan mengoptimalkan komunitas wali murid ABK Tunarungu. Berdasarkan tujuan tersebut,maka target pengabdian adalah: (1) Tersusunnya panduan metode praktis Terapi dasar ABKTunarungu, (2) Wali murid bisa melakukan terapi dasar pada ABK tunarungu, (3) Terciptanyakomunitas wali murid ABK Tunarungu yang terkoordinasi (4) Meningkatnya ABK Tunarungu yangtertangani secara tepat.Metode yang digunakan adalah menggerakkan partisipasi keluarga atau masyarakat membentukkomunitas untuk peduli dan menangani ABK tunarungu. Adapun rencana kegiatanya antara lain:(1) menyusun rencana kegiatan, jadwal pelaksanaan, petunjuk teknis, sarana dan mediapenunjang, (2) mengadakan pelatihan penanganan bagi wali murid ABK Tunarungu, (3)Pendampingan bagi komunitas wali murid ABK Tunarungu dalam menangani putranya.Kata kunci: Terapi praktis, Keluarga anak tunarungu

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2007.

Pedoman Umum

Penyelenggaraan Pendidikan

Inklusif

. Jakarta: Direktorat

Pembinaan Sekolah Luar Biasa




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v1i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats