PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KLINIK HERBAL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER

Wahyudi Widada, Fitriana Putri

Abstract


Tujuan utama kegiatan IbK di Universitas Muhammadiyah Jember ini adalah : (1) Aspek produksi : meningkatkan mutu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember agar berjiwa entrepreneur menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator); (2) Aspek manajemen : mengembangkan usaha  mahasiswa atau lulusan Universitas Muhammadiyah Jember menjadi entrepreneurhip baru. Target khusus dalam program IbK ini adalah meningkatkan jumlah entrepreneur baru yang dihasilkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember minimal 10 tenant per tahun). Dengan program IbK di Universitas Muhammadiyah Jember ini diharapkan minimal 10 tenant baru terbentuk setiap tahun. Metode  dalam program IbK ini meliputi tahapan : (a) Sosialisasi program IbK; (b) Persiapan prakondisi sosial, yakni penguatan tenant, mitra usaha IbK dan pengelola program IbK dalam pemecahan masalah-masalah yang dihadapi tenant; (c) Pelaksanaan program IbK, yang didukung oleh lembaga terkait (Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember dan Perguruan Tinggi (Universitas Muhammadiyah Jember); Pelaksanaan kegiatan IbK di Universitas Muhammadiyah Jember meliputi tahapan : (1) Pola rekrutmen; (2) Pelatihan kewirausahaan; (3) Magang pada Industri Mitra; (4) Pola pembimbingan; (5) Pengawasan terhadap tenant; (6) Teknik Pembiayaan Tenant; (7) Pola Bantuan Teknologi; (8) Kolaborasi dengan Lembaga Sejenis di luar kampus. (d) Pemantauan, (e) evaluasi dan pelaporan. Hasil progam IbK ini adalah : (1) Program IbK tahun ke-1 telah dilaksanakan di Desa Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember dengan melibatkan mitra 10 tenany di desa tersebut. (2). Indikator keberhasilan program IbK (a) Transfer teknologi program IbK dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik oleh tenant; (b) terjadi peningkatan pendapatan pada tenant program IbK dengan adanya peningkatan kemampuan tenant.

 Kata Kunci :  mutu mahasiswa, lulusan, kegiatan IbK, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Bidang Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Jember. 2015. Laporan Tahunan Kegiatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember.

Widada, W. dan F. Putri. 2015. Survei Kewirausahaan pada Mahasiswa dan Alumni Universitas Muhammadiyah Jember. Laporan Penelitian Internal. LPPM Universitas Muhammadiyah Jember.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v4i1.1500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats