MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANGGOTA ‘AISYIYAH DALAM PEMBERDAYAAN POTENSI EKONOMI DAERAH UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DIRI DAN KEMAJUAN AMAL USAHA MUHAMMADIYAH DI BALUNG JEMBER

Feti Fatimah

Abstract


berdasarkan kepada ajaran tauhid dan tawakkal kepada Allah. Muhammadiyah dalam gerakannya memiliki amal usaha. Memajukan amal usaha Muhammadiyah juga merupakan kewajiban anggota ‘Aisyiyah. ‘Aisyiyah adalah organisasi perempuan  Persyarikatan  Muhammadiyah. ‘Aisyiyah dapat berperan meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah dengan menjalankan berbagai kegiatan positif salah satunya dengan cara Pemberdayaan Potensi Ekonomi daerah. Pemberdayaan potensi ekonomi lingkungan adalah  mempergunakan kelebihan dan peluang ekonomi yang ada di daerah untuk meningkatkan kesejahteraan. Pemberdayaan potensi ekonomi daerah dapat dilaksanakan dengan cara memanfaatkan peluang usaha dan melakukan pelatihan dalam membuka usaha. Kegiatan pemberdayaan potensi ekonomi daerah yang dilaksanakan anggota ‘Aisyiyah diharapkan dapat meningkatkan kemandirian diri dan kemajuan Amal Usaha Muhammadiyah dengan cara memanfaatkan keunggulan dan potensi yang ada di daerah menjadi kegiatan usaha sehingga dapat meningkatkan kemadirian diri, meningkatkan kemajuan amal usaha Muhammadiyah cabang Balung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Kata Kunci: Pemberdayaan, Potensi, Ekonomi, daerah


Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi Revisi. Terjemahan. PT Prenhalindo. Jakarta.

Koontz. 1998. Essential of Management. Edisi ke-5. McGraw-Hill Publishing Co. New York.

Rangkuti, Freddy. 1997. Analisis SWOT, Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi untuk Menghadapi Abad 21. P.T., Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Shimp, Terence. 2004. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komuniksi Pemasaran Terpadu. Gramedia. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v4i1.1499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats