MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK USAHA MIKRO MELALUI DESAIN KEMASAN KELOMPOK USAHA PRODUSEN DAN RETAILER MAKANAN “KUE SUBUH”

Nurprapti Wahyu Widyastuti, Rahmi Winangsih

Abstract


Produk makanan yang dikenal sebagai jajanan pasar banyak dijajakan di pasar tradisional. Industri produk tersebut di atas masih berskala mikro, dan bersifat rumahan. Pemasok produk kue di pasar subuh berasal dari berbagai lokasi di Jakarta, Tangerang, Serang Kota dan sekitarnya. Sistem pemasaran produk meliputi 3 cara yaitu: (1) menjual produk ke pasar kue subuh, (2) menjual ke toko, dan (3) menerima pesanan dari kantor/pribadi. Mereka memproduksi dalam skala besar untuk dijual di pasar subuh, sisa produk tidak habis dijual di toko kue. Retailer adalah para pengecer pembeli produk kue subuh untuk dijual kembali ke segmentasi dan target pasar berbeda. Para retailer memesan kue untuk dipasarkan pada perkantoran, komunitas tertentu seperti arisan, pesta perkawinan/ulang tahun, maupun acara-acara lainnya, bahkan ada yang telah menjalin kerjasama dengan industri penerbangan untuk melayani kebutuhan catering. Berdasarkan studi awal yang penulis lakukan, ada korelasi positif antara bentuk dan kualitas kemasan produk dengan minat konsumen untuk membeli produk. Sementara itu, dari hasil wawancara awal dengan pelaku usaha mikro produk makanan, baik produsen maupun retailer mengakui bahwa kemasan produk mempengaruhi citra produk. Namun pemahaman mereka tentang kemasan produk masih sangat minim. Menurut mereka kemasan hanya sekedar wadah dan pembungkus makanan agar tidak rusak. Permasalahan lain yaitu mereka tidak mempunyai kemampuan dana untuk mengemas produknya dengan baik. Dengan situasi persaingan semakin tajam, desain sebuah kemasan merupakan suatu nilai tambah, dapat berfungsi sebagai media promosi dan untuk menjaring konsumen.

Kata Kunci: Daya saing UKM, Kemasan produk UKM, Kue Subuh


Full Text:

PDF

References


Aaker David & Biel: 1993. Brand Equity & Advertising: Advertising's Role in Building Strong Brands. USA.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Milemium, PT. Prenhallindo, Jakarta.

Peter & Olson, 2000. Consumer Behavior perilaku konsumen dan strategi komunikasi pemasaran. Erlangga Jakarta

Rangkuti, Freddy. 2007. Riset Pemasaran. – Cet. 1. – PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Shimp, Terence A. University of South Carolina. 2003. Promotion Management & Marketing Communication. The Dryden Press.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Remaja Rosdakarya,

Yadin, Daniel L. 2009. Creating Effective Marketing Communications – Menciptakan Komunikasi Pemasaran Yang Efektif-. PT. Gramedia Pustaka Utama – Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v4i1.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats