KEPASTIAN HUKUM HAK CIPTA DAN SARANA PUBLIKASI SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN KERONCONG DI KABUPATEN LUMAJANG

Ratnaningsih R, Titis Srimurni, Titik Sriastutik

Abstract


Di kabupaten Lumajang terdapat beberapa komunitas yang menggeluti bidang keroncong. Melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Hibah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tahun anggaran 2018, tim pelaksana PKM mencoba menggali potensi serta upaya pendampingan kepada dua mitra yaitu Keroncong Band Lumajang Citra dan Komunitas Pecinta Keroncong di Kabupaten Lumajang. Tujuan dari pelaksanaan program kemitraan masyarakat adalah upaya pendampingan terhadap mitra guna perlindungan hukum terhadap hak cipta lagu keroncong, adanya pembinaan yang konsisten dan berkelanjutan terhadap mitra serta publikasi kegiatan mitra baik melalui media cetak maupun elektronik. Dengan indikator keberhasilannya beberapa karya lagu keroncong mitra telah terdaftar dan memiliki Surat Pencatatan  Ciptaan dari Kementrian Hukum dan HAM, adanya pembinaan serta dukungan multi pihak terhadap tumbuh kembang keroncong di Kabupaten Lumajang, serta melalui sarana publikasi saat ini mitra telah banyak dikenal oleh masyarakat khususnya di kabupaten Lumajang.


Kata Kunci: Lagu, Keroncong, Hak Cipta, Publikasi, Promosi


Full Text:

PDF

References


Agnes Sri Widjajadi, Mendayung Diantara Tradisi dan Modernitas;Sebuah Penjelajahan Ekspresi Budaya Terhadap Musik Keroncong (Yogyakarta, Hanggar Kreator:2007)

Asian Law Group, Hak Kekayaan Intektual Suatu Pengantar (Bandung, PT Alumni, 2013)

Badan Penelitian dan Pengembangan HAM Kementrian Hukum dan HAM RI 2013 , Perlindungan Kekayaan Intelektual Atas Pengetahuan Tradisional & Ekspresi Budaya Tradisional masyarakat Adat, (Bandung, P.T. Alumni, 2013)

Eddy Damian, Hukum Hak Cipta, Alumni, Bandung, 2014

Muklis Paeni (ed), Sejarah Kebudayaan Indonesia, Seni Pertunjukan dan Seni Media (Jakarta; Rajagrafindo Persada; 2009)

Otto Hasibuan, Hak Cipta Di Indonesia Tinjauan Khusus Hak Cipta Lagu Neighbouring rights, dan collecting Society, (Bandung, P.T. Alumni, 2014)

Ririn Darini, 2012, Keroncong Dulu dan Masa Kini, Https://journal.uny.ac.id>article> viewFile

Suyud Margono, Prinsip Deklaratif Pendaftaran Hak Cipta Kontradiksi Kaedah Pendaftaran Ciptaan dengan Asas Kepemilikan Publikasi Pertama Kali, Jurnal Rechtsvinding Media Pembinaan Hukum Nasional ISSN; 2089-9009 Volume 1 Nomor 2, Agustus 2012

Sophar Maru Hutagalung, Hak Cipta Kedudukan & Peranannya dalam Pembangunan, (Jakarta, Sinar Grafika, 2012)




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v4i1.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats