PROGRAM APLIKASI GEOGEBRA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU MATEMATIKA SMA/SMK/MA DI KECAMATAN SINDANGWANGI KABUPATEN MAJALENGKA

Fahrudin Muhtarulloh, Fuad Nasir

Abstract


Workshop yang telah dilakukan ini secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru matematika dan siswa SMAN I Sindangwangi dalam menggunakan aplikasi Geogebra dalam pembelajaran matematika. Dilihat dari beberapa indikator keberhasilan tujuan khusus ini sudah tercapai, diantaranya guru mampu mengkonstruksi bangun ruang dengan Geogebra, mengkonstruksi fungsi, matriks, dll. Tujuan jangka panjang workshop ini adalah (1) meningkatkan keprofesionalan guru matematika SMA dan sederajat di Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. (2) Meningkatkan kemampuan guru matematika dalam membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Geogebra. Target  luaran  yang  diharapkan  setelah  pengabdian ini  dilaksanakan adalah  mempublikasikan  hasil  pengabdian  melalui  publikasi ilmiah, media masa, maupun yang sejenisnya. Dengan demikian diharapkan hasilnya dapat bermanfaat secara luas. Metode pengabdian yang digunakan adalah presentasi, prkatek terbimbing, dan penugasan.

 

Kata Kunci: Geogebra, Media Pembelajaran Matematika, Sindangwangi.

Full Text:

PDF

References


Collins, Janet, Michael Hamond, and Jerry Wellington.1997. Teaching and Learning with Multimedia. Great Britain: Routledge.

Cuoco, Albert A., E. Paul Goldenberg, and Jane Mark.1995. Technology Tips. Constructionsand investigations with dynamic geometry software.Technology in Perspective.No.

Depdiknas. 2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah ATAS (SMA). Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi SMA Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hudoyo, Herman & Mulyanto, A.2003. Matematika Untuk Kelas X SMA Jilid 2.Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.

Tim Instruktur.2014. Peran Geogebra dalam Media Pembelajaran disampaikan dalam Workshop Geogebra yang diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung November 2014.




DOI: https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v3i2.1481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats