Strategi Pengembangan Usaha Tempe Sumber Mas Di Kabupaten Jember

Fefi Nurdiana Widjayanti, Trias Setyowati

Abstract


Agroindustri tempe merupakan salah satu industri berbasis rumah tangga yang memiliki potensi cukup bagus untuk dikembangkan, karena tempe merupakan salah satu komoditas yang sangat potensial. Supaya usaha tempe dapat bertahan dan berkembang, maka dibutuhkan strategi, strategi yang disusun dengan memperhatikan lingkungan internal dan eksternal dari usaha UMKM tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung keuntungan dan mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan usaha tempe Sumber Mas di Kabupaten Jember, mengetahui alternatif strategi dan prioritas strategi yang dapat diterapkan, Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan analitis, dilaksanakan dengan teknik survey. Analisis data yang digunakan adalah (1) analisis keuntungan (2) analisis SWOT (3) matriks SWOT (4) matriks QSPM. Hasil penelitian adalah (1) keuntungan yang diperoleh per bulan adalah Rp 17.753.774 (2a) Faktor internal adalah (i) Kekuatan (Strenght): Kualitas produk terjamin, pangsa pasar lebih besar, tersedia tenaga kerja yang memadai, harga ekonomis (ii) Kelemahan (Weakness): Kurang kreatif dalam inovasi produk, teknologi produksi sederhana, tingkat pendidikan pekerja formal rendah, lahan untuk produksi masih bisa diperluas, kurangnya transportasi penjualan (2b) Faktor Eksternal adalah (iii) Peluang (Opportunity): Kepercayaan masyarakat, merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat menengah ke bawah, permintaan tinggi untuk produk, pertumbuhan penduduk, sentra industry (dekat pasar) (iv) Ancaman (Threats): Bahan baku mahal, adanya pesaing produsan tempe, kualitas kedelai, terbatasnya akses pasar, iklim usaha belum sepenuhnya kondusif. (3) Alternatif Strategi Pengembangan adalah Strategi SO, WO, ST dan WT (4) Prioritas Strategi Pengembangan adalah (i) strategi I dengan skor 1,84 (ii) strategi III dengan skor 1,62 (iii) strategi II dengan skor 1,48.


Keywords


Strategi, Sumber mas, SWOT, Tempe.

References


Agung, G. D. (2020). Pemodelan Sistem Dinamis Produksi Tempe “Sumber Mas” Di Kabupaten Jember. https://sipora.polije.ac.id/id/eprint/2914

Baihaqi, L. A., Mas, I., & Sayekti, Y. (2018). Analisis Penentuan Beban Pokok Produksi Pada Usaha Tempe Sumber Mas Jember Analysis Determination Cost of Production on Businesses Tempe Sumber Mas Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, V(70), 134–140.

F.Rangkuti. (2006). Riset Pemasaran (6th ed.). Gramedia.

Ginting, E., Antarlina, S. S., & Widowati, S. (2009). VARIETAS UNGGUL KEDELAI UNTUK BAHAN BAKU INDUSTRI PANGAN Erliana. Litbang Pertanian, 28(3), 79–87.

Harisudin . M. (2013). Pemetaan Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Tempe Di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Journal of Agroindustrial Technology, 23(2), 120–128.

Hunger JD and Wheelen. (2003). Startegic Management (5th ed.).

Maemonah, S., Ekonomi Pembangunan, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Economics Development Analysis Journal STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL GULA AREN DI KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Edaj, 4(4), 414–426. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj

Maesyaroh Ningtyas, A., Hariyati, Y., & Hapsari, T. D. (2021). Strategi Pengembangan Agroindustri Tempe. Foragri: Jurnal Ilmu Pertanian, 1(1), 7–14. http://ejournal.unibo.ac.id/index.php/foragri/article/view/18

Ningsih, I. M., Dwiastuti, R., & Suhartini, S. (2015). Determinan Efisiensi Teknis Usaha Tani Kedelai. Jurnal Manajemen Dan Agribisnis, 12(3), 216–225. https://doi.org/10.17358/jma.12.3.216

Porajouw, W. L. T., Dumais, J. N. K., & Rori, Y. P. I. (2019). Analisis Keuntungan Usaha Tempe Sumarko Di Kelurahan Teling Atas Kecamatan Wanea Kota Manado. Agri-Sosioekonomi, 15(1), 71. https://doi.org/10.35791/agrsosek.15.1.2019.23367

Prasetyo, B., Kadar, Z. A., Valeriana, & Nurasa, C. (2013). Kajian Akselerasi Pertumbuhan Produksi dalam Mendukung Swasembada Kedelai. Pusat Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 13.

Purwono, J., Sugyaningsih, S., & Tama Putri, R. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Tempe Indonesia Di Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat. Jurnal NeO-Bis, 9(1), 1–12.

https://repository.untirta.ac.id/TA/KS/KS05/KS0501/2019/KS050100316/strategi-pengembangan-usaha-tempe-suatu-kasus-pada-rumah-tempe-indonesia-bogor-jawa-barat-.html

Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53.

https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6

Studi, P., & Aji, B. P. (2012). Fakultas pertanian universitas sebelas maret surakarta 2012. 1, 1–17.

Sumarni, N., & Prihandoyo, M. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Pasir Awi Kabupaten Karawang. Prosiding Konferensi …, 5(4), 1588–1602. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.264




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.9166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fefi Nurdiana Widjayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats