Pengaruh Media Pembelajaran TALINTAR Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Bersusun Siswa Kelas IV SD Negeri Pujerbaru 2 Kecamatan Maesan

Andi Wapa, Aisyah Fatimatuz Zahro, Haya Haya

Abstract


Media belajar begitu sangat penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang tidak hanya mengacu pada pembelajaran matematika, tetap pembelajaran matemika ini harus ditunjang dengan media yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemampuan seorang guru. Salah satu cara agar kegiatan pembelajaran dapat melibatkan peserta didik adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang memiliki fungsi sebagai penyalur informasi dari guru kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan dari penggunaan media pembelajaran Tabel Perkalian Pintar (TALINTAR) terhadap kemampuan berhitung perkalian bersusun peserta didik karena berdasarkan hasil observasi kemampuan berhitung siswa masih dalam kategori renah terutama dikelas IV. sehingga Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Pujerbaru 2 Kecamatan Maesan sebanyak 7 orang. Penelitian ini termasuk penelitian pra-eksperimental menggunakan one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah soal-soal perkalian bersusun (2 angka) sebanyak 5 soal dan media pembelajaran berupa Tabel Perkalian Pintar (TALINTAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji N-gain  adalah 0,50 yang termasuk dalam kategori sedang. Uji Paired Sample T-test memperoleh hasil tingkat signifikansi 0,001 yang memiliki arti efektif karena <0,05. Hal ini menunjukkan bahwa antara pretest  sebelum menggunakan media pembelajaran berupa Tabel Perkalian Pintar (TALINTAR) dan posttest setelah menggunakan media pembelajaran tersebut mengalami perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil beberapa uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Tabel Perkalian Pintar (TALINTAR) efektif dalam membantu atau mengembangkan kemampuan berhitung perkalian bersusun peserta didik pada mata pelajaran matematika.


Keywords


efektivitas, kemampuan berhitung, media pembelajaran

References


All, N. H. et. (2016). Media Papan Flanel Jumlah Kurang Bilangan Bulat (Jurang Bilbul) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Dan Mengurangkan Bilangan Bulat. Digilib.Uns.Ac.Id, 2, 1–5.

Arikunto, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (p. 301). Bumi Aksara.

Arrasyid, H., Wapa, A., & Pratiw, D. M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperstif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 153. https://doi.org/10.36841/consilium.v2i1.1612

Firdaus, F. M. (2018). Pengaruh Teknik Takalintar terhadap Kemampuan Proses Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 445–454. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.127

Harina, D., Monawati, & Nurmasyitah. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Bersusun Di Kelas Iv Sdn 4 Tapaktuan Aceh Selatan. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP, 3(1).

Hasanah, S. R., Dia, A., & Sari, I. (2022). Peningkatan Keterampilan Berhitung Perkalian Melalui Penggunaan Media Tabel Perkalian Pintar (Takalintar) Peserta Didik Kelas Iii UPT SD Negeri 182 Gresik. 08, 1222–1236.

Iswanti, W., Iriawan, S. B., & Fitriani, A. D. (n.d.). 20687-43958-1-Sm. 379–387.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika (p. 72). CV Budi Utama.

Pongoliu, A. &. (2021). Kemampuan Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Media Tabel Perkalian Pintar Raina. Akademika Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 10(1), 44–51.

Pramesty, S. L. D. (2020). Catatan Dasar Matematika (p. 276). PT. Nasya Ekspending Manajement.

Sari, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Melalui Media Konkret Di Sdn 4 Muarakuang. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(01), 1–15. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i01.477

Steel, R. G. ., Sumantri, B., & Torrie, J. H. (1993). Prinsip dan Prosedur Statistik (terjemahan oleh Bambang Sumantri). Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif (p. 432). Alfabeta.

Susanto, H. (2020). Buku Profesi Keguruan. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 160. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1774




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.9060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats