Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember

Widia Eka Pramesti, Wahyu Eko Setianingsih, Ira Puspitadewi Sari

Abstract


Mobile banking adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi online. Fasilitas online ini hanya dapat digunakan di smartphone. Melalui smartphone nasabah dapat mengakses layanan keuangan sepserti transfer, mengecek saldo, pembukaan rekening, pembayaran tagihan,TOP UP dan perubahan PIN. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Efficiency, Fullfilment, Reliability, Privacy, Responsiveness terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menggunakan aplikasi mobile banking lebih dari 5 kalli dalam bertransaksi. Sampel yang digunakan sebanyak 126 responden. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Variabel Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Efficiency tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi BSI Mobile, Reliability tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile, Fullfilment berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile, Privacy berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile. Hasil temuan ini berarti semakin baik Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam meningkatkan keamanan untuk pengguna mobile banking agar nasabah memiliki rasa aman dan nyaman ketika melakukan transaksi maka dengan cara itu akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan nasabah di mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile.

Keywords


Efficiency, Fullfilment, Reliabilit, Privacy, Responsiveness, Kepuasan Nasabah

References


Andrean, S. Y. dan I. M. B. D. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 1–7.

Gerrard, & Cunningham, F. G. (2005). Obstetri Williams (1st ed.). EGC.

Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Cetakan Keempat”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hariansyah, F. A., Wardani, N. H., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Pengguna Layanan BRI Mobile Bank Rakyat Indonesia di Kantor Cabang Cirebon. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Husnita, Z., & Ariyanti, M. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Negara Indonesia (studi Kasus Mahasiswa/i Bandung Raya). EProceedings of Management, 6(2).

Imelda, S., & Huwaida, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bri Kcp Kayu Tangi Banjarmasin. Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 101–109.

Khan, M., Mahapatra, S. and Sreekumar, N. (2009). Service Quality Evaluation in Internet Banking: An Empirical Study in India. International Journal of Indian Culture and Business Management, 2(30).

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (3rd ed.). Erlangga.

Liem, A. T., Chrisanti, I. R., Sandag, A., & Purwadaria, D. D. P. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Mobile Banking PT. Bank XYZ Wilayah Airmadidi Menggunakan E-Servqual. CogITo Smart Journal, 6(2), 229–238.

Lugu, S., Lubis, M. M., & Siregar, R. S. (2019). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Juragan Tangkapan Ikan Teri (Studi Kasus: Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan Kota Medan). Jurnal Agriuma, 1(2), 103–114.

Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(6), 1118. https://doi.org/10.20473/vol7iss20206pp1118-1127

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Alfabeta.

Trisnawati, O. M., & Fahmi, S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Servqual) terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking (Studi Pada Pengguna Mobile Banking Bank Sinarmas Cabang Malang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 174–184.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.8726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Widia Eka Pramesti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats