Pengaruh Diferensiasi Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Aroma Lumajang

Sri Handayani, Nungky Viana Feranita, Andrias Dwimahendrawan

Abstract


Keputusan pembelian merupakan tindakan penentuan oleh konsumen itu sendiri dalam melibatkan suatu transaksi pertukaran barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan mendapatkan manfaat. Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya adalah diferensiasi produk dan persepsi harga. Berdasakan hasil wawancara dengan pemilik UMKM Aroma terdapat masalah terkait keputusan pembelian di UMKM Aroma yaitu pada diferensiasi produk dan persepsi harga. Masalah terkait diferensiasi produk yaitu produk yang dihasilkan seperti produk tape dan selai pisang tidak bisa bertahan lama. Sedangkan masalah terkait persepsi harga yaitu konsumen beranggapan harga yang tertera pada produk UMKM Aroma tidak sebanding dengan berat isi produk yang didapatkan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diferensiasi produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk UMKM Aroma Lumajang baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian bersifat kuantitatif dengan tipe asosiatif. Populasi yaitu seluruh konsumen yang telah membeli produk UMKM Aroma dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik non-probablity sampling yaitu Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, uji F serta uji t dengan software SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan persepsi harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial diferensiasi produk dan persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk UMKM Aroma Lumajang.

Keywords


Diferensiasi Produk; Persepsi Harga; Keputusan Pembelian; UMKM

References


Amalya, D. E., & Khasanah, I. (2015). Pengaruh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Pada Bengkel ”Ocean Auto Wheels” Di Semarang. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 4(2), 1–12.

Aprileny, I., & Andriani, R. (2018). Pengaruh Harga, Diferensiasi Produk, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Giant Ekstra Ujung Menteng Bekasi. Jurnal STEI Ekonomi, 27(1), 38–56.

Chang, W. (2015). Pengaruh Diferensiasi Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Nokia Di Semarang. Semarang : Universitas Dian Nuswantoro.

Elan, U., & Edditio. (2012). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di WTC Surabaya. Jurnal Fakultas Ekonomi.1(2), 101-106.

Feranita, N. V. (2020). Manajemen strategi formulasi, implementasi, dan evaluasi. Jember : Mandala Press.

Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Issue December). https://doi.org/10.31227/osf.io/pfjhz

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-prinsip Pemasaran (edisi 12). Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta : Erlangga.

Manun, R. (2017). Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Mie Samyang (Studi pada konsumen produk Mie Samyang di Daerah Istimewa Yogyakarta). 22(2), 1–23.

Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Di Cincau Station Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1(2), 1–11.

Purbani, V. H., & Santoso, S. B. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Larissa Aesthetic Center Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 2(3), 1–9.

Rahayu, H. D., & Yosepha, S. Y. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hevit-C 500 Mg Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Pt. Hexpharm Jaya. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(1), 1–8.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2010). Perilaku Konsumen edisi 7. Jakarta : PT. Indeks.

Simamora, B. (2001). Remarketing for Business Recovery (sebuah pendekatan riset). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Sukri, R., & Zulfadil. (2020). Analisis pengaruh diferensiasi produk, citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen mobil lcgc honda brio satya di kota pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XII(2), 356–369.

Tarigan, B. I., Lapian, S. L. H. V. J., & Tampenawas, J. L. A. (2022). Pengaruh Diferensiasi Produk, Harga dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian pada Cafe Saroha di Kota Manado. Jurnal EMBA, 10(1), 491–499.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.8558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Handayani, Nungky Viana Feranita, Andrias Dwimahendrawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats