Strategi Percepatan Peningkatan Ekonomi Dan UMKM Naik Kelas Melalui Teman Usaha Rakyat Di Kabupaten Banyuwangi

Sahru Romadloni, Elok Rosyidah

Abstract


Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten yang terdampak, dari sisi ekonomi mengalami kemerosotan akibat Pandemi Coronavirus (Covid-19). Kemerosotan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banyuwangi pada Tahun 2020 sebesar -0,03%. Salah satu sektor yang bisa dijadikan fokus perbaikan yaitu UMKM. Teman Usaha Rakyat akan memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM secara menyeluruh. seperti inovasi pemasaran, peningkatan mutu produk,, mendorong UMKM supaya go-digital, pengurusan izin, sertifika halalt, penulisan narasi yang baik, desain sederhana. Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui apakah strategi dari program Teman Usaha Rakyat sudah terbilang mampu menaikan kelas UMKM di Banyuwangi dan memberikan rekomendasi penyempurnaan program dengan Amplification Plan Monitoring dan Evaluasi kegiatan pendampingan kepada pelaku UMKM naik kelas di Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Hasil uji statistik perbedaan rerata sebelum dan setelah perlakuanpada kelompok eksperimen (pelaku UMKM) dengan bantuan progam SPSS 19 diperoleh nilai rerata kuisionerpra pendampingan = 65.66 dan kuisioner pasca pendampingan = 82.00. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap pelaksanan program Teman Usaha Rakyat


Keywords


Teman Usaha Rakyat, UMKM Scale Up, Banyuwangi.

References


Abdullah, Mulyati Sri. (2012). Social Cognivite Theory: A Bandura Thought. Review Publised in 1982-2012. Yogyakarta.

Borg, W.L dan Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction: New York: Longman.

Eresia-Eke, C.E & C. Raath (2013), SMME Owners’ Financial Literacy and Business Growth, Mediterranean Journal of Social Sciences, 4(13), 397–406.

Fatoki, O (2014), The Financial Litercay of Micro Entrepreneurs in South Africa, 40(2), 151–158.

Ichsan, Reza Nurul & Yusuf, Muhammad. (2021) Strategi Bisnis Umkm Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik. Vo. 6 (2), Juli 2021.

Imaniar, Dimas dan Wahyudiono, Andhika. (2019). Strategi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Meningkatkan Industri Pariwisata Melalui Umkm. Banyuwangi. (Diakses: 13 Maret 2022).

Adiawi, Samsudin. (2021). Teman Usaha Rakyat. https://radarbanyuwangi.jawapos.com/kolom/13/05/2021/teman-usaha-rakyat (Diakses: 14 Maret 2022).

Ishak, Parmin. & Sholehah Nur Lazimatul Hilma. (2021). Implementasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan UMKM Dimasa Pandemi Covid-19. Gorontalo Accounting Journal. Vol. 4, No. 2, October 2021.

Kementrian Keuangan. (2021). Pemerintah Terus Upayakan Pemulihan Ekonomi, namun Tetap Waspada terhadap Pandemi Covid.. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-upayakan-pemulihan-ekonomi-namun-tetap-waspada-terhadap-pandemi-covid/ (Diakses: 19 Maret 2022).

Pemkab Banyuwangi. (2021). Banyuwangi Luncurkan Teman Usaha Rakyat, Diberi Tugas Khusus Naikan Kelas UMKM. 09 Januari 2022. https://banyuwangikab.go.id/berita-daerah/banyuwangi-luncurkan-teman-usaha-rakyat-diberi-tugas-khusus-naikkan-kelas-umkm.html (Diakses: 19 Maret 2022).

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. (2021). Data Ekonomi.. https://banyuwangikab.go.id/profil/ekonomi.html (Diakses: 15 Maret 2022).

Puspaningtyas, Angggraeny. Dkk. (2021) Pemberdayaan Umkm Untuk Meningkatkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 Di Tuban. Reformasi. Volume 11 Nomor 2 (2021).

Sholahuddin, M. (2001). Kritik Terhadap Sistem Ekonomi Sosialis Dan Kapitalis. Jakarta.

Sijabat, Rauly (2020). Umkm Naik Kelas: Mengonstruksi Sebuah Desain Faktor Determinant Berluaran Perkekmbangan Usaha (Studi Pada UMKM di Kota Semarang). Jurnal Bisnis STRATEGI, Vol. 29. No. 1. Universitas PGRI Semarang.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujadi, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta.

Sugiri, Dani. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Tangerang Selatan.

Syafaat. (2021). UMKM Naik Kelas. https://radarbanyuwangi.jawapos.com/kolom/13/04/2021/umkm-naik-kelas (Diakses: 15 Maret 2021).

V. Wiratna Sujarweni. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yunuardianto, Elga. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.8556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elok Rosyidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats