Self-Transcendence Dalam Membangun Semangat Mengajar (Field Study di MI PUI Kaum Banjarsari, Ciamis)
Abstract
Kebutuhan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan manusia, sebagaimana hal ini diterangkan dalam teori hierarki kebutuhan Abraham Harold Maslow. Salah satu upaya untuk memenuhi setiap kebutuhan adalah menjadikan guru sebagai suatu profesi dengan tujuan untuk mencari penghasilan, akan tetapi tidak jarang terjadi apabila kompensasi yang diharapkan tidak sesuai dengan realita yang diterima berdampak pada turunnya semangat guru dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-eksploratif dengan model studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Persatuan Umat Islam (MI PUI) Kaum Banjarsari. Subjek penelitian diantaranya adalah Kepala Madrasah serta tenaga pendidik yang sudah mengabdi kurang lebih selama 35 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data akan dianalisis melalui tahap transcript, coding, grouping, comparing, contrasting. Teknik validasi dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil menunjukkan bahwa ketika seorang pendidik menerapkan konsep ihsan yang dibarengi dengan ikhlas, maka tujuan dalam hidupnya akan tercapai. Ihsan merupakan bentuk dari transendensi diri dalam Islam, karena seseorang melakukan suatu hal atas dasar mencari ridha Allah SWT. Sehingga, ketika seorang guru menerapkan ihsan dalam mengajar peserta didiknya, maka kegiatannya dalam memberi pengajaran kepada siswa akan selalu didominasi oleh motivasi yang tinggi untuk beribadah kepada Allah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Hunowu, Momy. 2016. “Konsep Fullday School Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan.” Jurnal Irfani 12 (1): 117.
https://doi.org/http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir.
Ahmadi, Rulam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Amir, Amir, Abdul Wahid Syafar, and Kaseng Saharuddin. 2016. “Pengaruh Karakteristik Individu, Motivasi Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dirumah Sakit Daerah Madani Provinsi Sulawesi Tengah.” E Jurnal Katalogis 4 (7): 44–50.
Aprijon, Aprijon. 2014. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Slta Di Kecamatan Bangkinang.” Menara Riau : Jurnal Kewirausahaan 13 (1): 44–57.
Arifin, Zainal. 2020. Tafsir Ayat-Ayat Manajemen (Hikmah Idariyah Dalam Al-Qur’an). Edited by Imam Machali. Cetakan 1. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Basri, Hasan. 2019. “Konsep Ihsân Menurut Para Mufassir Al- Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan.” International Conference on Islam in Malay World, 318–30.
Hadi, Nur. 2019. “Islam, Iman Dan Ihsan Dalam Kitab Matan Arba‘In An-Nawawi: Studi Materi Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadis Nabi SAW.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 9 (1): 1–18.
Hatta, M. 2019. “Implementasi Isi Atau Materi Pendidikan (Iman, Islam, Ihsan, Amal Saleh, Dan Islah) Di Sd Muhammadiyah 7 Pekanbaru.” Indonesian Journal of Islamic Educational Management 2 (1): 12. https://doi.org/10.24014/ijiem.v2i1.7121.
Kusuma Wulandari, Juwita, and Robi’ah Nugrahani. 2021. “Membangun Motivasi (Self Transendence) Pendidik Di MI Muhammadiyah Al-Muttaqien Sleman.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3 (02): 215–28. https://doi.org/10.37542/iq.v3i02.134.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org.
Prihartanta, Widayat. 2015. “Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Vol. 1 No. 83.” Jurnal Adabiya 1 (83): 1–11.
Ramadhoni, Randy. 2019. “Implementasi Penggajian Guru Honorer Di Sekolah Dasar.” Jibm 2 (1): 21–28.
Rangga, Rangga, and Prima Naomi. 2007. “Pengaruh Motivasi Diri Terhadap Kinerja Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Paramadina).” Abmas,79 II: 1–8.
Sari, Elisa, and Rina Dwiarti. 2018. “Pendekatan Hierarki Abraham Maslow Pada Prestasi Kerja Karyawan PT. Madubaru (PG Madukismo) Yogyakarta.” Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis 6 (1): 58. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.421.
Sondang P, Slagian. 2012. Teori Motivasi Dan Aplikasinya. 4th ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutadi. 2018. “Impelementasi Kebijakan Inpassing Jabatan Guru Bukan PNS SMP Swasta Kabupaten Kendal.” Jurnal Manajemen Dan Kebijakan Publik 3 (1): 46–62.
Thoha, Muhammad. 2016. Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual Dan Operasional. Buku Pustaka Radja.
Tri Andjarwati. 2015. “Motivasi Dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, Dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen 1 (1).
Zein, Rinduan. 2020. “Olah Data Kualitatif in Handout Metodologi Penelitian.” Yogyakarta. https://elearning.ncie.or.id/.
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.7888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nidaul Fajrin, Syahrul Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats