Pola Motivasi Mudir Dalam Mewujudkan Kemandirian Belajar Santri (Studi Kasus Di Pondok Modern Muhammadiyah Pakusari)

Dhian Wahana Putra

Abstract


Keberhasilan mudir pesantren dalam mendidik dan melahirkan generasi yang berkualitas, tidak dapat dilepaskan dengan kesuksesan pesantren dalam menanamkan konsep “panca jiwa” kepada para santrinya. Adapaun panca jiwa tersebut yaitu: keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan. Salah satu panca jiwa yang sangat relevan untuk dikembangkan pada masa pandemi covid 19 ini adalah kemandirian santri. Santri di tuntut untuk mampu belajar secara mandiri serta mampu melakukan keperluan pribadinya sehari-hari. Pimpinan pesantren, dalam konteks ini adalah mudir, memiliki peran strategis sebagai motivator bagi santri agar tumbuh menjadi pribadi yang mandiri. Dorongan yang dilakukan oleh mudir akan memberikan energi dahsyat bagi santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menemukan pola motivasi yang dilakukan oleh mudir kepada santri dalam mewujudkan kemandirian belajar. Motivasi mudir adalah usaha yang dilakukan oleh mudir untuk menggerakkan santri dalam mencapai tujuan. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian yang di lakukan adalah deskriptif. Sedangkan pengumpulan data menggunakan 3 (tiga) metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola motivasi yang digunakan oleh mudir dalam mewujudkan kemandirian belajar santri adalah: pertama, melalui keteladanan; kedua, melalui peraturan disiplin santri; ketiga, melalui kegiatan ekstrakurikuler; dan keempat, melalui implementasi visi dan misi pondok pesantren.


Keywords


Motivasi Mudir, Kemandirian Belajar

References


Anwar, Chairul. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Suka Press

Jamalulel, Habib Alwi . (2018). Peran Kepemimpinan Karismatik Kiai Dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darul Muttaqien Kabupaten Bogor. Tesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Nawawi, Hadari. (1996). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Rahmatiah. (2014). Pengaruh Kebiasaan Belajar Mandiri Siswa dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Menulis Cerpen di Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Tesis. Program Pascasarjana Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar

Robbins, P. Stephen P. (2002). Organisation Theory: Concepts and Cases. Neil Barnwell: Prentice Hall

Setiadi, J. Nugroho J. (2013). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Kharisma Putra

Syafe’i, Imam. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8, No I 2017. UIN Raden Intan Lampung.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Repiblik Indonesia No 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i2.7631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dhian Wahana Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats