Pengaruh Terapi Musik Terhadap Klien Skizofrenia Paranoid Pada Halusinasi Pendengaran Di Paviliun Seroja Rumah Sakit Umum Koesnadi Bondowoso

Lubbabul Jannah, Vivin Nur Hafifah, Handono Fathur Rahman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi musik terhadap penurunan tingkat halusinasi pada pasien halusinasi pendengaran di RSU dr. H.Koesnadi Bondowoso. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan desain non equfalent control group design dengan desain pretest-posttest with control group yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data didapatkan dengan jumlah responden sebanyak 9 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian ini telah diuji validitas dan reabilitasnya yang didapatkan nilai 0,001. Kelompok eksperimen diberikan intervensi dengan terapi musik satu kali sehari dalam tujuh hari selama 10-15 menit. Kemudian data dianalisis menjadi non parametrik dengan dua sampel yang berhubungan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kontras halusinasi yang signifikan setelah diberikan intervensi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan p value 0,050 (=0,05). Kesimpulannya tingkat halusinasi kelompok eksperimen lebih rendah setelah diberikan intervensi.


Keywords


Penderita halusinasi, terapi musik, tingkat halusinasi pendengaran

References


American Music Therapi Assosiations. 2013. What is Music Therapy? Available from http://www.musictherapy.rg/ (Diakses pada tanggal 27 April 2017 Pukul 13.35 WIB).

Fitria, N. (2010). Prinsip Dasar dan Aplikasi Penulisan Laporan Pendahuluandan Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Kaplan HI, Sadock BJ. (2004). Buku saku psikiatri klinik. Terjemahan. Jakarta: Binarupa Aksara

Kemenkes. (2017). Peran Keluarga Dukung Kesehatan Jiwa Masyarakat. Kemenkes.go.id

Kusumawati, Farida & Hartono Yudi. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta : Salemba Medika.

Musbikin, I. 2009. Kehebatan Music untuk Mengasah Kecerdasan Anak. Jogjakarta : Power Books (IHDINA).

Yosep, I. &Sutini, T. (2014).Buku Ajar KeperawatanJiwa (dan Advance Mental Health Nursing). Bandung: Refika Adiatma.

Zelika, A. A., & Dermawan, D. (2015). Kajian asuhan keperawatan jiwa halusinasi pendengaran pada sdr . D di ruang nakula rsjd surakarta ( study of nursing care mental of auditory hallucinations on mr d in the nakula rsjd of surakarta ). 12, 8–15.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v7i2.7297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lubbabul Lubbabul Jannah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats