Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Di SDN Wonokusumo VI/45 Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah

Sato Hiro, Meirza Nanda Faradit, Deni Adi Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pemanfaatan Sudut Baca Kelas DI SDN Wonokusumo VI/45 dalam peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan ini untuk mendukung tindakan pemerintah dalam menanggapi rendahnya kebiasaan membaca peserta didik Indonesia, yang disebut dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS).  Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pemanfaatan sudut baca kelas di SDN Wonokusumo VI/45 Surabaya, Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena dan kondisi nyata di lapangan melalui pendekatan psikolinguistik untuk mendukung proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam membaca, menulis, mendengar dan berbicara, yang berimplikasi pada terciptanya pembelajaran yang baik. proses belajar mengajar, kurikulum yang sesuai dengan perubahan dimensi manusia, rencana pembelajaran yang sesuai, materi dan silabus bagi peserta didik, serta melakukan penilaian yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik memiliki motivasi dan kesadaran membaca yang tinggi; 2) menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi peserta didik untuk belajar; 3) cara peserta didik belajar secara terbuka tidak semata-mata mengandalkan transfer ilmu dari guru; 4) munculnya minat untuk menanyakan dan mendiskusikan informasi yang diperoleh dari membaca; 5) munculnya keberanian peserta didik dalam menyampaikan gagasan hasil pemahaman dari pembelajaran

Keywords


membaca; Gerakan Literasi Sekolah; pojok baca

References


Afiani, K., & Faradita, M. (2021). Analisis Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms . Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 16–27.

Arif, M., & Handayani, E. F. (2020). Budaya Literasi Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi …, 7(September), 198–220.

Kisworo, B. (2016). Journal of Non-Formal Education and. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 9–15.

Lawalata;, A. K. M. S. (2019). Pengaruh Program Literasi Terhadap Minat Baca Dan Prestasi Belajar Siswa Di Smp Islam Al-Azhaar Tulungagung. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), 1–12.

Mulyo Teguh. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. Prosiding Seminar Nasional, 18–26.

Ni, K. (2018). The implementation of reading corner and teacher modeling in Indonesian learning through psycholinguistic approach. 10(1), 47–72. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v10i1.47-72

Prasetiya, B. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Prasetiya, B., Rofi, S., & Setiawan, B. A. (2018). Penguatan Nilai Ketauhidan Dalam Praksis Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education (JIE), III(1), 1–15.

Qiftiyah, M. (2020). Improving Cognitive Development of Students by Reading Corner Program in Elementary School level. 12(1), 18–32.

Ramadhanti, N. N. (2019). Pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di madrasah ibtidaiyah negeri 2 samarinda. Jurnal Tarbiyag Dan Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(1), 39–46.

Ramandanu, F. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Sebagai Sarana Alternatif Penumbuhan Minat Baca Siswa. Mimbar Ilmu, 24(1), 10. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17405

Roziqin, K., Martati, B., & Putra, D. A. (2021). Analisis Karakter Religius Siswa Dalam Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 1–6.

Sihaloho, F. A. S., Martono, T., & Daerobi, A. (2019). The Implementation of School Literacy Movement at the Senior High School. 396, 88–96.

Triandi, D., Nuryani, P., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 21–30. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i3.30041




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v7i1.6595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sato Hiro, Meirza Nanda Faradit, Deni Adi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats