Employ Well- Being, Kepemimpinan Transformasional Dan Harga Diri Terhadap Employability Pada Guru Smk Muhammadiyah Di Masa Pandemi Covid-19

Fadhilah Auliyah Uswah Basman, Fatwa Tentama, Nina Zulida Situmorang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan employ well-being, kepemimpinan transformasional, dan harga diri dengan employability pada guru SMK Muhammadiyah 1 dan 2 Moyudan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan variabel dependent yaitu employability dan variabel independent yaitu employ well-being, kepemimpinan transformasional, dan harga diri. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan skala model likert sebagai alat pengumpulan data. Analisis data penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 21.Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa employ well-being, kepemimpinan transformasional, dan harga diri. memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan employability. Subjek penelitian ini adalah Guru SMK Muhammadiyah 1 Moyudan dan Guru SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Secara parsial masing – masing variabel independent yaitu employ well-being,kepemimpinan transformasional, dan harga diri memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan employability. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang sangat signifikan employ well-being, kepemimpinan transformasional, dan harga diri dengan employability.


Keywords


employability; employ well-being; kepemimpinan transformasional; harga diri

References


Azwar, S. (2018). Penyusunan skala psikologi (II). Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin (2014). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bass, B. M., & Bass Bernard, M. (1985). Leadership and performance beyond expectations.

Bennett, T. (2006). Defining the importance of employability skills in career/technical education (Doctoral dissertation).

Berntson, E. (2008). Employability perceptions: Nature, determinants, and implications for health and well-being (Doctoral dissertation, Psykologiska institutionen).

Bono, J.E., & Ilies, R. (2006). Charisma, positive emotions and mood contagion. Leadership Quarterly, 17, 317334.

Cahyono Han Dwi,( 2014). Pengaruh Lingkungan Kerja, Konflik Kerja, Stres Kerja, Serta Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Telkom Indonesia, Tbk Area Denpasar, Buletin Studi Ekonomi (BSE). 19(1): h: 1- 117.

Fugate, M., Kinicki, A., & Ashforth, B. (2004). Employability: a psycho-socia construct, its dimensions, and applications. Journal of vocational Behavior.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang. https://www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/Employability%20Literature%20Review%20June%202014_0.pdf

Journal of Human Resource Management, 10(2), 1-15.

Juniper, Bridget (2010). Evaluation Of A Novel Approach To Measuring WellBeing In The Workplace. Thesis. Cranfield University.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.

ND Saputro,& MN Suseno. (2010). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Employability pada Mahasiswa. Jurnal Psikohumanika,academia.edu.

Pool, L. D. & Sewell, P. 2007. The Key to Employability : Developing a Practical Model of Graduate Employability. Journal of Education and Training, Vol. 49, No.4, 2007.

Potgieter, I. (2012). The relationship between the self-esteem and employability attributes of postgraduate business management students. SA

Purnamasari, D. D., & Santoso, B. (2019). Budaya Organisasi Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Kinerja Guru di SMK Negeri Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(2), 275-284.

Rosenberg, M.,Schooler, C., & Schoenbach, C. (1989). Self-esteem and adolescent problems: Modeling reciprocal effects. American sociological review, 1004-1018.

Santrock, J. W., & Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan edisi kedua.

Sconul.(2014). A review of the literature on current practice in the development of employability skills. London, England

Subhi, E.R. (2014). Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerj a karyawan dengan penghargaan sebagai variabel moderating . Jurnal I lmu & Riset Manaj emen , 3 (2), 1−18.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, S. (2016). Penelitian dan Analisis Kebijakan Manajemen Guru SMK Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Jurnal Teknologi dan Pendidikan Vokasi, 23(1), 90-100.

Wright, T. A., & Huang, C. C. (2012). The many benefits of employee well‐being in organizational research. Journal of Organizational Behavior, 33(8), 1188-1192.

Yukl, G., & Mahsud, R. (2010). Why flexible and adaptive leadership is essential. Consulting Psychology Journal: practice and research, 62(2), 81.

Zafer Acar A.. 2012. Organizational culture, leadership styles and organizational commitment in Turkish logistics industry. Journal Social and Behavioral Sciences. 5 (8): h: 217-226.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v7i1.6576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fadhilah Auliyah Uswah Basman, Fatwa Tentama, Nina Zulida Situmorang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats