PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DI SMK ZAINUL HASAN KECAMATAN BALUNG KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Badrut Tamami

Abstract


Pengembangan Kurikulum pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dilakukan terkait bahwa siswa tamatan SMK dipersiapkan untuk terjun dalam dunia usaha maupun industri. untuk itu selain menguasai pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan profesi keahliannya, juga harus dibekali dengan nilai-nilai ajaran agama yang memadai. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah I) untuk mengetahui perencanaan pengembangan kurikulum PAI di SMK Zainul Hasan 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan kurikulum PAI di SMK Zainul Hasan 3) untuk mengetahui evaluasi pengembangan kurikulum PAI yang ada di SMK Zainul Hasan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus yang bersifat fenomenologik. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tiga pendekatan, yaitu: (1) pengamatan (observation), (2) wawancara ( interview), dan (3) metode dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dengan tiga alur kegiatan yaitu: Reduksi data, Penyajian data (pemajangan/display, Penarikan kesimpulan. Kriteria keabsahan data didasarkan atas; "derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability) dan kepastian (confirmability). Teknik pengecekan keabsahan data yang dilakukan adalah; kecukupan referensial, Triangulasi. Sedangkan perencanaan pengembangan kurikulum PAI yang dilaksanakan SMK Zainul hasan Balung lebih spesifik dan luas, hal-hal tersebut meliputi : latar belakang, sumber ide, konsep, tujuan, landasan, dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum PAI. Kegiatan Intrakurikuler dapat dilaksanakan melalui tiga aktivitas yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir seperti yang juga dipraktekkan di SMK Zainul Hasan Balung, Sedangkan Ekstrakurikuler dapat dikategorikan menjadi lima kegiatan yaitu kegiatan harian, mingguan, bulanan, tahunan, dan insidental. Hasil penelitian menunjukkan, bahwasanya SMK Zainul Hasan Balung telah melibatkan pihak internal dan eksternal. Pihak internal meliputi kepala sekolah, waka kurikulum, dan dewan guru, dan pihak eksternal meliputi yayasan, komite sekolah dan Tokoh masyarakat sekitar. Tujuan evaluasi pengembangan kurikulum PAI SMK Zainul Hasan Balung adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat efektivitas, dan efisiensi program pengembangan kurikulum dan komponen-koomponennya serta kesesuaiannya dengan visi-misi, tujuan pendidikan nasional.



DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v1i2.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Badrut Tamami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats